Aplikasi Pencari Kiblat Gratis

LirboyoNet, Kediri –Pembelajaran falak, bagi sementara santri, seringkali menjadi semacam hantu. Menakutkan, dan harus dihindari. Tetapi imej itu terbantahkan pada hari Rabu (15/02) lalu, saat Seksi Pramuka Pondok Pesantren Lirboyo mengadakan pelatihan pencarian arah kiblat.

Dilaksanakan di halaman gedung Rusunawa, para santri sangat antusias terhadap pelatihan yang dikenal melulu bersentuhan dengan angka-angka dan rumus rumit ini. Terbukti, mereka yang datang lebih dari seratus orang. Padahal, kegiatan ini hanya diperuntukkan khusus bagi siswa kelas dua dan tiga aliyah Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien saja.

Karena begitu banyak santri yang ingin tahu, fokus pelatihan pun dibagi menjadi empat titik. Namun mereka tetap mendapat keistimewaan yang sama, yakni mendapat ilmu yang hanya dibagikan satu kali setahun itu.

Pertama-tama, mereka harus menunggu jam berputar hingga mendekati pukul 16.00 WIs (Waktu Istiwa’). Untuk itu, mereka terlebih dahulu mempersiapkan beberapa hal. Diantaranya busur, tripod dan semacamnya sebagai media utama, dan alat pemberat. Beberapa alat itu kemudian dirangkai sedemikian rupa, sehingga dapat membantu proses pencarian dengan baik. Pada pukul 16.00 tepat, dimulailah penghitungan arah kiblat. Mulanya mereka garis terlebih dahulu bayang-banyang dari alat pemberat, kemudian mereka ukur panjangnya, dan mulai memasukkan angka-angka pada table yang telah tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.