HomeDawuh MasyayikhDawuh KH. M. Anwar Manshur Untuk Para Perempuan

Dawuh KH. M. Anwar Manshur Untuk Para Perempuan

Dawuh Masyayikh 0 23 likes 5.5K views share

Zaman jahiliah itu seorang wanita tidak memiliki martabat, diasingkan kesana-kemari, lalu Nabi diutus dan terangkatlah derajat kaum wanita.

الجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ الأُمَّهَاتِ  

“Surga di bawah telapak kaki ibu” Hadis ini diantara bukti bahwa Allah SWT mengagungkan derajat wanita.

Diantara kewajiban orang tua adalah mendidik anaknya agar memahami sariat Islam

مِنْ أَفْضَلِ الْعِبَادَةِ تَرْبِيَةُ الْبَنِيْنَ وَ الْبَنَاتِ

“Diantara ibadah yang paling utama adalah mendidik putra-putri”

Mendidik itu menjadikan yang tadinya tidak baik menjadi baik.

Jika orang tua tidak bisa mendidik sendiri anakanya untuk memahami sariat islam, titipkanlah ke pondok pesantren yang benar-benar mengajarkan sariat Islam.

Wanita itu penyangga negara, jika di suatu daerah wanitanya baik-baik, insyaallah daerahnya pun akan baik. Begitu pun sebaliknya.

Pentingnya mengarahkan putri-putri kita untuk belajar sungguh-sunguh adalah agar ia menjadi wanita yang solihah dan paham sariat Islam. Sebab banyak ilmu-ilmu bagi perempuan yang kurang bisa dijelaskan oleh laki-laki atau pun tabu jika laki-laki yang menjabarkannya.

Jangan menyangka bahwa wanita itu ‘Suargo nunut neroko katut’ (baik buruk ikut suami, red.), karena masing-masing manusia dapat beribadah sendiri.

Setelah orang tua wafat, jika anaknya itu menjadi Ahlil khoir (orang solih, baik, red.), Insyaallah orang tua tinggal memetik buah kebaikannya saja.

-disarikan dan ditranskrip dari dawuh beliau pada acara Reuni Akbar V Alumni Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo 20 November 2018 M./ 12 R. Awal 1440 H. Di aula al Mu’tamar PP. Lirboyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.