Halaqah Fikih Peradaban: Ijtihad Ulama NU dalam Bidang Sosial Politik

Halaqoh Fikih Peradaban

Lirboyo.net (Kamis, 28/12/2023) – Halaqah Fikih Peradaban kembali diadakan di Pondok Pesantren Lirboyo. Bertempat di aula Al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, dengan tema ‘Ijtihad Ulama Nahdlotul Ulama dalam Bidang Sosial Politik’.

Hadir dalam acara ini beberapa Pengurus Nahdlatul Ulama, di antaranya; KH. Anwar Manshur (Mustasyar), KH. Miftachul Akhyar (Rais ‘Aam), KH. Anwar Iskandar (Wakil Rois ‘Aam), KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus (Rais), KH. Ahmad Said Asrori (Katib ‘Aam), KH. Athoillah Sholahuddin Anwar (Katib), KH. Reza Ahmad Zahid (Katib), KH. Yahya Cholil Tsaquf (Ketum) dan Drs. H. Saifullah Yusuf (Sekjen).

Miftachul Akhyar beranggapan bahwa diadakannya halaqah fikih peradaban tidak lain untuk melahirkan fiqh ijtihadi, walaupun bukan dianggap sebagai ijtihad, hanya sebatas i’adzatun nadzar atau ilhaq binadzariha, sebagai upaya untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang datang silih berganti di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Halaqoh Fikih Peradaban di Pondok Pesantren Lirboyo
Halaqoh Fikih Peradaban di Pondok Pesantren Lirboyo

Dalam perhelatan halaqah ini, KH. Yahya Cholil Tsaquf juga menegaskan bahwa kedaulatan pendirian Nahdlatul Ulama memiliki visi untuk membangun peradaban baru dengan kepemimpinan dari para ulama, di mana visi tersebut sudah tidak muncul lagi dalam dunia Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.