HomeKonsultasiMembalik Posisi Jenazah Ketika Disalati

Membalik Posisi Jenazah Ketika Disalati

Konsultasi 0 6 likes 641 views share


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bagaimana hukum membalik posisi kepala salat jenazah ketika disalaati (berada di selatan)? Mohon penjelasannya, terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

(Fajar-Tuban)

________________________________

Admin- Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Ketika prosesi salat jenazah, ada anjuran mengenai aturan peletakan posisi kepala jenazah sesuai jenis kelaminnya. Anjuran ini banyak dijelaskan dalam beberapa kitab literatur fikih, salah satunya keterangan dalam kitab Fath Al-‘Alam berikut:


وَيَقِفُ نَدْبًا غَيْرُ مَأْمُوْمٍ مِنْ إِمَامٍ وَمُنْفَرِدٍ عِنْدَ رَأْسِ ذَكَرٍ وَعَجْزِ غَيْرِهِ مِنْ أُنْثَى وَخُنْثَى. وَيُوْضَعُ رَأْسُ الذَّكَرِ لِجِهَّةِ يَسَارِ الْإِمَامِ، وَيَكُوْنُ غَالِبُهُ لِجِهَّةِ يَمِيْنِهِ، خِلَافًا لِمَا عَلَيْهِ عَمَلُ النَّاسِ الْآنَ. أَمَّا الْأُنْثَى وَالْخُنْثَى فَيَقِفُ الْإِمَامُ عِنْدَ عَجِيْزَتَيْهِمَا وَيَكُوْنُ رَأْسُهُمَا لِجِهَّةِ يَمِيْنِهِ عَلَى عَادَةِ النَّاسِ الْآنَ؛.


Bagi Imam salat dan orang yang salat sendirian, disunnahkan memposisikan berdirinya—ketika salat janazahdi dekat kepala mayit laki-laki dan di dekat bokong mayit perempuan dan kelamin ganda. Kepala mayit laki-laki diletakkan pada posisi arah kiri imamsedangkan yang mentradisi ada pada arah kanan imamhal ini berbeda dengan yang biasa dilakukan masyarakat saat ini. Adapun mayit perempuan dan kelamin ganda, maka imam memposisikan dirinya di dekat bokong janazah, sedangkan kepala janazah diletakkan pada posisi arah kanan sebagaimana biasa dilakukan saat ini.”[1]

Dengan demikian, apabila mayat lelaki sebaiknya posisi kepala diletakkan di arah kirinya orang yang shalat (sebelah selatan untuk konteks Indonesia). Sedangkan apabila mayat wanita atau berkelamin ganda, bagian kepala diletakkan di arah kanannya orang yang shalat (sebelah utara untuk konteks Indonesia). []waAllahu a’lam


[1] Fath Al-‘Alam, vol. III hlm. 172.