HomePondok Cabang LirboyoPembangun Pondok Cabang Santren Kota Blitar

Pembangun Pondok Cabang Santren Kota Blitar

0 1 likes 167 views share

LirboyoNet, Blitar – Kamis pagi kemarin sekitar 250-an santri Lirboyo melakukan roan pembangunan Pondok Pesantren Lirboyo IV Cabang Santren Blitar. Berangkat tengah malam perjalanan Kediri-Blitar menggunakan 4 truk tak mengurangi raut bahagia santri gabungan kelas 3 Aliyah dan Ma’had Aly semester ll tersebut. Mereka bisa jalan-jalan.

Sampai di lokasi sekitar pukul dua dini hari, mereka langsung dihidangkan jamuan makan oleh tuan rumah. Setelah makan sebagian memilih tidur untuk menyimpan tenaganya di esok pagi. Sebagian lain begadang untuk menyiapkan peralatan roan.

Pagi buta yang masih diliputi embun roan pembangunan dimulai, sebelumnya diawali pembacaan tahlil untuk mensukseskan acara dan diiringi pemotongan tumpeng.

Lokasi Pondok Pesantren Lirboyo IV Cabang Santren Blitar ini merupakan tanah yang diwakafkan penduduk setempat kepada Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) Kota Blitar untuk dikelola.

Pembangunan kali ini adalah untuk merealisasikan gedung lantai II berukuran kira-kira 25 x 10 persegi. Rencananya, bangunan ini akan digunakan untuk madrasah. Sebelumnya sudah berdiri masjid di sebelah selatan gedung.

“Dana pembangunan didapat dari swadaya masyarakat sekitar, simpatisan, santri dan alumni Kota Blitar dan dibantu langsung oleh Pondok Lirboyo pusat,” tukas Hasan, salah satu santri Lirboyo asal Blitar pagi itu. Selain itu, bantuan yang didapat juga berupa peralatan roan, bahan bangunan dan kebutuhan lain.

Pembangunan yang diprediksi rampung sore hari, ternyata selesai lebih cepat. Molen pengaduk semen sudah dimatikan sesaat setelah matahari bergeser ke barat. Setelah itu para santri yang ngalap berkah itu membersihkah tubuhnya dengan mandi di sungai besar yang berada tepat di selatan lokasi.

Kemudian dengan bersemangat tak kenal lelah untuk pamungkasnya para santri mengibarkan bendera merah-putih dengan tiang seadanya dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, disusul lagu Yaa Lal Wathon-nya Kyai Wahab Hasbullah.

Setelah shalat Dluhur dan makan siang bersama selesai, mereka segera naik truk dan kembali lagi ke Lirboyo diiringi ucapan terima kasih dari masyarakat sekitar, santri dan alumni Blitar./>