HomeDawuh MasyayikhPendidikan Harus Dilakukan Bersama

Pendidikan Harus Dilakukan Bersama

0 6 likes 89 views share

Saya mohon kepada kalian, ini merupakan tugas yang berat, saya minta keikhlasannya. ilmu yang sudah dicapai diminta untuk disampaikan kepada orang lain, kalian ikut membantu membimbing santri-santri mbah sepuh.

Pendidikan itu sangat berat dan tidak bisa dilakukan oleh satu orang harus dilakukan bersama-sama.

Lirboyo itu yang dikenal adalah Alfiyah dan Qoidahnya, tahun 60-an teman saya menjadi pengurus di pondok lain tetapi saat di Lirboyo hanya masuk kelas 4 pelajarannya Tashrifan.

Maziyahnya lirboyo itu harus kita pertahankan itu merupakan ilmunya Mbah Sepuh dan itu ahline Mbah Sepuh.

Mbah Anwar cucunya Kiyai Kholil menempati serambi selatan, ikut mengaji selama sebulan kepada Mbah Karim, beliau itu sudah Kiyai, hanya karena mencari tashrifan dan alfiyah beliau ikut mengaji. jika itu baik, kitabnya juga baik itulah yang dipertahankan.

Yang sangat penting sekali adalah saya bersyukur kepada Allah SWT sekarang saya bisa ikut mengajar di Lirboyo, semoga dipilih diharapkan Allah menjadi orang yang baik. Yufaqqihu fiddin.

Banyak orang yang mondok tetapi tidak mengajar, ini yang berkehendak adalah Allah SWT. kalian pulang kerumah mencari lima orang akan kesulitan, disini murid yang menunggu begitu banyak, kalian harus bersyukur telah dilatih mendidik anak kecil.

Bismillahirrohmanirrohim. saya niat nasyrul ilmi karena Allah ta’ala.

Disampaikan Oleh Beliau Romo KH. M. Anwar Manshur dalam Sibes MHM