HomePondok Pesantren Unit LirboyoPondok Pesantren Darussalam (PPDS)

Pondok Pesantren Darussalam (PPDS)

0 3 likes 3.4K views share

Pesantren yang biasa disebut dengan PPDS ini, terletak sekitar 500 M di selatan Pondok Pesantren Lirboyo induk. Awalnya, PPDS yang diasuh KH. Ahmad Mahin Thoha ini, hanyalah sebuah gubug yang disediakan untuk tamu-tamu beliau yang saat itu kebanyakan dari Magelang. Akan tetapi, gubug yang lengkap dengan sarana MCKnya itu, setiap kali didirikan, selalu ditempati santri, khususnya khodim ndalem KH. Ahmad Mahin Thoha.

Lambat laun, gubug-gubug itu tak ubahnya sebuah asrama dengan penghuni yang terus bertambah. Dari situlah, mulai ada langkah-langkah untuk menjadikan asrama tersebut menjadi sebuah pondok pesantren unit Lirboyo. Dan tepat pada tanggal 8 Dzulhijjah 1422 H./ 20 Februari 2002 M., Darussalam diresmikan sebagai unit dari Pondok Pesantren Lirboyo.

PPDS terus membenahi diri dalam berbagai aspek. Tahun 2004, didirikanlah gedung baru berlantai dua. Kemudian tahun 2007, dibangunlah musholla sebagai pusat kegiatan santri dengan dua lantai pula. Di unit ini pula, para santri tidak hanya belajar pelajaran agama. Karena banyak dari mereka juga mengikuti kegiatan di luar pesantren. Baik itu jenjang sekolah lanjutan tingkat pertama, tingkat atas, ataupun juga jenjang kuliah.