4.892 views

Pondok Pesantren Haji Ya’qub (PPHY)

Profil Pondok Pesantren Haji Ya’qub (PPHY)

Pondok Pesantren Haji Ya’qub adalah salah satu Pondok Pesantren Unit Lirboyo yang didirikan oleh KH. Ya’qub bin Sholeh yang merupakan adik ipar KH. Abdul Karim (Mbah Manab). Seperti yang pernah diceritakan oleh KH. Imam Yahya Mahrus (alm), KH. Ya’qub adalah seorang kiai yang memilki keahlian kanuragan tingkat tinggi yang berdasarkan silsilah. KH. Ya’qub masih terhitung keturunan Syaikh Abdullah Mursyad Setono Lendean dari jalur ayahnya, yaitu KH. Sholeh Banjarmelati. Sehingga pada saat Pondok Pesantren Lirboyo dalam tahap membangun, beliau mendapat amanat dari ayahnya KH. Sholeh Banjarmelati untuk mendampingi KH. Abdul Karim untuk menangani bidang keamanan di Pondok Pesantren Lirboyo. Pada saat itulah Pondok Pesantren Haji Ya’qub ada.

Pesantren yang biasa disebut dengan PPHY ini berdiri di atas tanah seluas 2000M2 yang berada di sebelah timur Ndalem KH. Ma’shum Jauhari. Pada awalnya, di pesantren ini hanya terdapat segilintir santri yang saat itu ikut nderek dengan Mbah Ya’qub. Seiring berjalannya waktu, santri yang ada di PPHY mıılai bertambah set›anyak 60 santri. Untuk menampung santrı yang terus bertambah, maka dibangunlah asrama pada tahun 1979 yang saat ini disebut dengan Pondok Lama. Berada di sebelah selatan Ndalem KH. Nur Muhammad Ya’qub yang mendampingi KH. Rofi’i Ya’qub sebaeai pengasuh PPHY .

Mengingat semakin banyaknya para santri yang belajar di pondok pesantren ini, sekaligus ingin belajar di jenjang sekolah formal di luar lingkungan Pondok Pesantren Lirboyo, maka atas alasan itulah pada tahun 1993 Madrasah Diniyah Haji Ya’qub didirikan yang diperuntukan bagi santri yang sekaligus ingin sekolah di luar pesantren (sekolah formal) atau santri yang tidak bisa mengikuti pendidikan madrasah diniyyah di Pondok Induk (MHM). Hingga saat ini yang mernimba ilmu di Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub ini tidak hanya santri yang menetap di Pesantren melainkan juga penduduk sekitar pesantren juga menimba ilmu di sini.

Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah kreativitas santri (khithobah, diba’iyah, tahlil dan cara berorganisasi) saat itu masih terkemas dalam sebuah jam’iyyah yang bernama Jam’iyyah Ar-Rohmah.

Sarana Prasarana
Data Statistik Santri PPHY
Data diperbarui diperbarui dari setahun terakhir (2021-2022)
Jadwal Kegiatan PPHY
Galeri PPHY

Alamat lengkap pondok Haji Ya’qub bertempat di Jl. KH. Abdul Karim, RT 02, RW 01, Kelurahan  Lirboyo, Kecamatan, Mojoroto, Kota Kediri. Nomer pondok bisa dihubungi di (0354) 772118

Untuk informasi tentang brosur pondok bisa dilihat di link yang tertera di bawah ini;

Instagram
pphy_lirboyo
2

7 thoughts on “Pondok Pesantren Haji Ya’qub (PPHY)

  1. Pesantren yg sll bertransformasi trhdp pekembangan di masyarakat, sebagai ungkapan yg sangat populer adalah sholihun fi kulli zamanin wa makanin.💘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.