5,180 views

Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Profil Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Pesantren Al-Baqoroh (ALBA) adalah  salah satu Pondok Pesantren Qur’aniyah yang berada di Lirboyo. Pondok Alba berdiri pada tahun 1419 H. / 1998 M. di bawah naungan Romo KH. Ahmad Hasan Syukri Zamzami Mahrus dan Ibu Nyai Hj. Nur Hannah. Santri pertama di pondok ini adalah Muthmainnah dari Sumber Podang Semen, Mayuni dari Madura dan Ngafiyah dari Kebumen. Mereka mengaji di ndalem Romo KH. AHS. Zamzami Mahrus dan dibimbing langsung (sorogan) oleh ibu Nyai Hj. Nur Hannah baik bilGhoibi maupun binNadzri.

Asal Usul Pondok Pesantren Al-Baqoroh

Awal didirikannya Pondok Pesantren Putra-Putri Al-Baqoroh bisa dikatakan punya dua kaitan. Pertama, ketika hendak mendirikan rumah yang sekarang beliau tempati ini, KH. Hasan Zamzami Mahrus diijazahi oleh abah beliau, KH. Mahrus Ali, untuk sering-sering mewiridkan surat Al-Baqoroh ketika mendirikan rumah dan mengistiqomahkan amalan yang sedang dikerjakan. Dengan harapan ketika menempati ndalem baru bisa mendapatkan rasa aman dan dimudahkan dalam permasalahan rezeki. Kedua, selain dari alasan yang pertama tadi, beliau juga dinasihati untuk memelihara sapi perah, dan beliau pun memulainya sekitar tahun 1996 M. hingga saat ini. Sehingga dengan tujuan tafa’ulan, beliau memilih kata Al-Baqoroh sebagai nama pondok ini.

Pondok pesantren yang beralamat di Jl. Abdul Karim RT.002 RW.001 Lirboyo ini terbilang baru yang mulai resmi dijadikan sebagai Pondok Unit pada tahun 2011 M. /1432 H. Akan tetapi perkembangan dan kemajuan pondok terbilang begitu dinamis. Hal ini bisa dilihat dari fasilitas yang memadai serta pendidikan yang telah terkonsep rapi. Kini pada tahun 1442-1443 H. / 2020-2021 M. jumlah santrinya sudah mencapai 1382 orang.

Untuk memfasilitasi para santri demi kenyamanan proses belajar dan mengajar, Pesantren Al-Baqoroh terus melakukan pembangunan. Beberapa fasilitas yang telah ada berupa Musholla, dapur, kantin, UKS Assyifa, kantor, kamar santri yang terbilang cukup banyak, 73 MCK dan Wastafle.

Tak banyak pondok qur’an yang tetap memberikan pengajaran kitab. Hal ini yang menjadi icon Alba untuk mencetak santri yang berkualitas. Tidak hanya menghafal al-Qur’an saja, akan tetapi para santri juga diberikan pelajaran kitab seperti fiqih, standar tajwid, ‘Uyunul Masa’ilun nisa’, Abi Jamroh, Ta’lim Muta’allim, dan masih banyak lainnya.

Madrasah Al-Baqoroh

Lembaga Madrasah Al-Baqoroh merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Baqoroh Putri. Sedangkan untuk sistem pendidikannya mengacu pada sistem yang berada di Madrasah Al-Hidayah P3HMQ. Lembaga Madrasah ini digunakan untuk memperdalam wawasan santri dalam memahami kitab-kitab kuning. Untuk tingkatan yang terdapat di madrasah ini terdiri dari tingkatan kelas Ula, Wusto dan Ulya.

Kegiatan Tambahan

Selain memprioritaskan bidang Al-Qur’an dan pendidikan untuk memperdalam kitab kuning, P3Al-Baqoroh juga mengadakan beberapa kegiatan guna meningkatkan kreativitas, kecakapan, serta mutu kualitas santri, di antaranya:

  • Famy Bisyauqin

Merupakan program unggulan dengan metode menghatamkan Al-Qur’an dalam 7 hari, dimulai dari malam Jum’at dan dikhatamkan pada Kamis pagi. Kegiatan Famy Bisyauqin (FB) dipimpin langsung oleh beliau Ummi Nyai Hj. Nur Hannah dan putra-putrinya. Tahun ajaran baru tepatnya tanggal 19 Syawal 1438 H. / 14 Juli 2017 M. FB menjadi program tetap P3ALBA sebagai ganti program Wajib Belajar. Kegiatan tersebut ditetapkan sebagai ijazah yang diberikan kepada semua santri baik yang bil Ghoib maupun bin Nadzri.

  • Semaan Ayatan

Untuk menambah ketajaman hafalan, para santri P3ALBA melakukan semaan sistem ayatan (1 kelompok beberapa anggota, kemudian membaca 1 ayat 1 ayat secara estafet) dan khataman yang dilakukan setiap hari Jum’at. Hal ini dilakukan sebagai pengganti ujian dan sebagai pembelajaran mental ketika terjun ke masyarakat.

  • Semaan Alumni

Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap hari Kamis Legi yang bertujuan untuk menjaga silaturahmi dan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa semangat dalam menjaga hafalan secara bersama-sama. Di akhir majelis ini, para alumni berdo’a bersama yang dipimpin oleh Ummi Hj. Nur Hannah.

  • Tartilan

Kegiatan ini bermaksud membantu mempertajam makhroj dan tajwid serta membantu membiasakan santri dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. Kegiatan ini dilakukan setiap ba’da maghrib sebelum sorogan Al-Qur’an dimulai yang dibimbing langsung oleh beliau Ummi Hj. Nur Hannah dengan mengikuti waqof washolnya dan sesekali beliau memberikan beberapa penjelasan tentang hukum bacaan ayat-ayat yang telah dilantunkan.

  • Qiro’atus Sab’i

Kegiatan ini dibimbing oleh Ning Sheila Hasina yang diikuti oleh santri mutakhorijat dengan tujuan agar dapat membaca Al-Qur’an menggunakan qiro’ah 7 imam yang mu’tabaroh. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 15.30 – 17.30 WIB.

  • Pengajian Kitab Fiqih & Tajwid

Pengajian ini bersifat wajib di bawah pengawasan pengurus pondok bidang pendidikan. Kitab Standar Tajwid dilaksanakan pada hari Sabtu – Senin sedangkan hari Selasa – Kamis merupakan jadwal pengajian Kitab Risalatul Fiqihiyah. Kegiatan ini berlangsung setelah jama’ah ashar dan dibimbing langsung oleh beliau Ibu Nyai Hj. Nur Hannah.

  • Pengajian Kitab Turats

Selain menghafal al-Qur’an dan mengikuti pengajian kitab wajib berupa fiqih dan tajwid, Pon.Pes ALBA juga memberikan wawasan belajar kitab kuning yang dibimbing oleh beliau Ning Sheila Hasina. Adapun kitab-kitab yang dikaji diantaranya: Kitab Tafsir Jalalain, Uyunul Masa’il, Ta’lim Muta’alim, Abi Jamroh, dan Tibyan dan masih banyak yang lain. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu – Rabu 10 menit setelah sholat dhuha.

  • Jam’iyah

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Kamis malam dengan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas bakat dan minat melalui kegiatan diba’iyah, manaqib, barzanji, khitobah. Di samping itu, -dalam berjam’iyyah- juga diadakan praktek ubudiyah sebagai pembekalan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Lomba MHQ & CCI

Musabaqoh Hifzil Qur’an adalah ajang yang paling bergengsi. Dalam musabaqoh ini, santri memperlihatkan kecakapannya dalam menghafal al-Qur’an. Secara umum, dalam ritme musabaqoh ini, peserta diharuskan melanjutkan ayat yang diajukan oleh penguji. Lomba ini dibagi menjadi beberpa kategori yaitu: kategori 1-5 juz, 1-10 juz, 1-15 juz, dan 1-30. Sedangkan Cerdas Cermat Islam merupakan perlombaan untuk memperlihatkan kecakapan santri dalam bidang pengetahuan agama Islam yang diadakan oleh seksi pendidikan.

  • Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut hari besar Islam, di antaranya; Idul Adha, Maulid Nabi, Isro’ Mi’roj, dan Jam’iyah Kubro. PHBI diisi dengan Festival Kreasi Santri seperti khithobah, lomba kebersihan kamar, MHQ, CCI, dan MADING (Majalah Dinding). Selain itu, dalam agenda ini juga diadakan lomba hiburan, di antaranya; lomba memukul bedug atau takbiran pada malam Idul Adha.

  • Peringatan Haul dan Tasyakuran

Peringatan ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali secara rutin setiap akhir tahun. Adapun rangkain acara diisi dengan penerimaan syahadah bagi santri yang mengkhatamkan Al-Qur’an bagi peserta BinNadzor, BilGhoibi maupun Qiro’atus sab’I, serta memperingati Haul Para Masyayikh Lirboyo, di mana sebelumnya dilaksanakan semaan bagi calon Mutakhorijat Bil-Ghoibi.

  • Mading Santri

Perlombaan Mading ini dilaksanakan 2 minggu sekali yang diikuti oleh setiap kamar secara bergilir. Kegiatan ini diadakan guna menambah wawasan santri dan guna mengasah kreatifitas menulis dan berkarya bagi para santri.

  • Roan atau Kerja Bakti

Demi terciptanya lingkungan pondok yang bersih, P3ALBA mengadakan kegiatan membersihkan lingkungan pondok pada lokasi yang sudah ditentukan, yakni: Mushola, ndalem, kamar mandi, lantai tangga, ruang tamu, jemuran, halaman dan sekitarnya. Kerja bakti atau roan dilaksanakan 1 minggu sekali setiap hari kamis.

 Jadwal Kegiatan Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Kegiatan Harian

Jadwal Mingguan

  1. Tahlilan setelah sholat Maghrib setiap malam Jum’at. 
  2. Sema’an setiap hari Jum’at bagi santri bil ghoib.
  3. Mengikuti jam’iyyah setiap malam Jum’at.
  4. Mengikuti Jam’iyyah praktek ubudiyah setiap 3 bulan sekali.

Galeri Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Untuk brosur Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh 2022-2023, bisa di dapatkan di sini

Baca juga: Pondok Pesantren Al-Baqoroh
Tonton juga: TASYAKUR KHOTAMAN KE IX | Pon. Pes. Putri Al Baqoroh

1

10 thoughts on “Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

  1. Semoga ALBA semakin berkembang pesat bermanfaat untuk umat dan mendapat ridlo serta barokah dari masyayich Lirboyo

  2. Apakah mondok di ALBA di tentukan berapa tahunya ? 🙏

    Ketika 1 thn sudah selesai apakah sudah boleh boyong atau gimana ,mohon penjelasannya 🙏

  3. Assalamualaikum wr wb. Maaf, mau tanya, apakah bisa dari berbagai usia untuk menimba ilmu di ALBA ?

  4. maksudnya di syarat pendaftaran ada batasan minimal usia untuk mengikuti masing-masing tingkat pendidikan, namun belum tertera batasan maksimal. Apakah orang yang berusia 40-50 an tahun masih bisa menimba ilmu di ALBA Lirboyo? jika dibolehkan dan ada kelas tsb, bagaimana programnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.