9,072 views

Pondok Pesantren Haji Mahrus (PPHM)

Profil Pondok Pesantren Haji Mahrus

Pondok Pesantren Haji Mahrus (PPHM)

Pondok Pesantren Lirboyo Haji Mahrus (PPHM) merupakan satu di antara beberapa pondok unit yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Lirboyo. Pondok unit ini terletak sekitar 100 meter sebelah timur Pondok Induk. Tepatnya pada tahun 1952 M. pondok ini didirikan oleh KH. Mahrus Aly, ketika itu kondisi stabilitas nasional sedang diganggu oleh kaum komunis.

Awal-mulanya, sang pendiri KH. Mahrus Aly tidak bermaksud mendirikan pondok. Hanya secara kebetulan KH. Mahrus Aly diberi lahan oleh KH. Abdul Karim untuk membuat rumah sekaligus majelis taklim sebagai sarana mangajarkan atau membacakan kitab-kitab kepada para santri. Kemudian di sebelah utara dari majelis taklim dibuat sebuah kamar yang sangat sederhana berukuran lebar 2×4 m, sekedar sebuah tempat istirahat bagi santri yang sehari-harinya menjadi khadim beliau.

Pada tahun 1956 M, kamar yang disediakan tidak memadai untuk menampung khodim yang telah mencapai 20 orang. Sehingga beliau dengan para santri kemudian membangun tiga kamar sederhana yang kemudian dikenal dengan nama HM.

Pada tahun 1958, dibentuk pula kepengurusan pondok HM yang berada di bawah naungan kepengurusan Pondok Induk. Bersamaan dengan renovasi ndalem KH. Mahrus Aly, dibangun juga asrama baru dengan dana murni dari swadaya santri yang terdiri dari 4 kamar dan selesai dibangun pada tahun 1959 M. Semenjak itu, atas restu beliau, status pondok pesantren HM diresmikan menjadi Pondok Unit Lirboyo.

Kemudian pada tahun 1960, satu unit ruang tamu, dan 4 ruang kamar santri berhasil disempurnakan pembangunannya. Pada era ini pula, KH. Mahrus Aly merubah status musholla HM menjadi masjid sebagai tempat i’tikaf yang sah, meski bukan masjid Jami’ untuk sholat Jum’at.

Pasca kepergian KH. Mahrus Aly pada tanggal 06 Ramadlan 1405/ 26 Mei 1985, kepemimpinan Pondok Unit HM dilanjutkan oleh putra-putra beliau, yaitu KH. Imam Yahya Mahrus, K. Harun Musthofa SE, KH. Abdullah Kafabihi Mahrus, KH. Zamzami Mahrus dan KH. An’im Falahuddin Mahrus.


Waktu itu, di antara putra-putra Mbah Mahrus yang lebih berperan aktif dalam mengurusi pondok pesantren HM adalah KH. Imam Yahya Mahrus mengingat KH. Imam Yahya merupakan putra terbesar. Setelah kurang lebih selama tiga tahun KH. Imam Yahya Mahrus mengurusi Pondok Pesantren HM, beliau mempunyai inisiatif untuk membangun Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah.

Sedangkan untuk saat ini, PPHM diasuh oleh putra Al-Magfurlah KH. Mahrus Aly di antaranya; Romo KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, KH. Ahmad Hasan Syukri Zamzami Mahrus, KH. An’im Falahuddin Mahrus.

Pada tahun 2005, atas inisiatif beliau KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, dengan sedikit renovasi dilakukan pengalih-fungsian satu unit asrama santri yaitu asrama al-Ukhuwwah menjadi ruang tamu dan memindahkan santri yang bermikum di asrama tersebut ke asrama baru yang diberi nama al-Musthofa. (Perlu diketahui bahwa pembentukan dan pembagian asrama disamping sebagai tempat hunian santri, asrama juga berfungsi agar para santri lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan).

Dan pada tahun 2014, dikarenakan semakin banyaknya jumlah santri serta telah selesainya tahap pembangunan ruangan di atas asrama al-Musthofa, maka ruangan lantai II Musholla PPHM yang awalnya merupakan asrama an-Nidzomiyyah, dialih-fungsikan menjadi aula yang digunakan untuk kegiatan berjama’ah, sekaligus ruang belajar. Sedangkan untuk asrama an-Nidzomiyyah yang pada awalnya berada di atas Musholla, dipindahkan ke asrama yang berada di atas asrama al-Musthofa dan berganti nama menjadi asrama az-Zamzamiyyah.

Pada tanggal 02 Syawal 1439 H. diresmikan asrama baru yang diberi nama al-Aziziyyah yang terdiri dari 4 kamar santri yang bertempat di gedung atas kamar mandi umum gedung al-Musthofa.

Statistik Santri

Tahun 2021, Pondok Pesantren HM dengan luas ± 75 X 150 m dihuni sekitar 1900 orang santri, yang meliputi alumni, siswa dan khodim ndalem.

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam ahli sunnah wal jama’ah yang komprehensif dalam melakukan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan pusat kajian ilmiyah keislaman.

Misi

  • Mencetak generasi Islam salaf yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman sepiritual dan keluhuran akhlak, serta memiliki kemampuan intelektual keagamaan;
  • Menumbuhkan penghayatan dan pengalaman terhadap ajaran Islam secara kaffah;
  • Melahirkan generasi yang siap mengabdikan diri untuk umat dan bangsa.

Kegiatan harian PPHM

Untuk kegiatan harian di pondok ini secara umum sama dengan Pondok Induk kecuali beberapa hal yang dibagi menjadi 3 macam yaitu :

  • Agenda harian, misalnya rutinitas jam wajib belajar khusus bagi siswa Ibtida’iyyah dan Tsanawiyyah yang dilaksanakan mulai pukul 20.00 – 21.00 WIs dan diramu dalam bentuk musyawarah kelompok serta dibagi sesuai dengan masing-masing tingkatan; program wajib Jam’ah isya’ dan subuh di Musholla; pengajian al-Qur’an yang sesuai dengan metode pembelajaran di MMQ; serta pengajian kitab salaf.
  • Agenda mingguan, meliputi pengembangan bakat dan minat diluar pelajaran yang ditampung dalam kegiatan jam’iyyahan setiap malam Jum’at; musyawaroh Fathal Qorib baik tingkat Ma’had Aly, ‘Aliyyah dan Tsanawiyyah; Musyawaroh Nahwu untuk tingkat Tsanawiyyah dan Ibtida’iyyah; dan beberapa ekstrakurikuler lainnya.
  • Agenda bulanan, di antaranya; praktek ubudiyyah, musyawaroh gabungan; dan pra bahtsu masa’il.
  • Agenda tahunan, seperti bahtsu masa’il dan perlombaan baik bidang keilmuan maupun berupa kreatifitas santri.

Galeri Pondok HM

  • Untuk brosur pondok Haji Mahrus (HM) bisa dilihat di bawah ini:

Brosur PPHM 2022-2023

Instagram
pphm_lirboyo

8

15 thoughts on “Pondok Pesantren Haji Mahrus (PPHM)

    1. Mohon maaf, Untuk sementara belum tersedia pendaftaran Online.
      Anda bisa langsung datang ke Pondok Pesantren Lirboyo untuk mendaftarnya

  1. Apa di lirboyo ada pondok salafi khusus buat yg sudah beres pendidikan formal??? Lbh tepat nya ga menyediakan pendidikan formal

  2. Assalamualaikum…
    Apakah boleh, pendaftaran santri baru lewat online…
    Mohon penjelasannya 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.