HomeDawuh MasyayikhRahasia Terbesar Pesantren

Rahasia Terbesar Pesantren

0 1 likes 404 views share

Dawuh Syekh Muhammad Bin Ismail Zain al-Yamani dari Mekah saat berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo.

Allah menginginkan dengan keberadaan pesantren, madrasah islamiah, agar mempunyai peran penting di dalam memperluaskan ajaran agama. Sejarah mencatat, ulama berperan besar dalam melindungi dan menjaga keselamatan sosial masyarakat, sehingga dengan ajaran dari ulama ini, negara menjadi kuat.

Para masyayikh di pondok pesantren, terutama pondok ini adalah orang-orang yang utama juga luar biasa. Mereka mengokohkan seluruh umur dan waktunya untuk kepentingan khidmah dan menyebarluaskan akhlakul karimah.

Ilmu adalah pemberian dari Allah, dengan ilmu Allah menunndukkan malaikat untuk bersujud kepada Adam. Bagi malaikat yang tidak mau melakukan sujud, Allah mengeluarkannya dari rahmat-Nya. Ia adalah iblis yang tidak mau melakukan sujud takrim, sujud penghormatan kepada Adam atas perintah Allah. Menjadi sangat wajib bagi kita semua untuk mengagungkan ilmu dari bentuk apa saja, seperti memuliakan guru, majelis ilmu, dan setiap tempat yang disandarkan terhadap ilmu dan berperan untuk meneguhkan agama. Pondok pesantren sampai saat ini masih kokoh berdiri karena memiliki suatu rahasia. Rahasia terbesarnya adalah ikhlas, karena ilmu tanpa ikhlas tidak mungkin didapatkan. Dengan ikhlas pula murid yang belajar akan mudah menerima ilmu. Dan salah satu cara untuk mensyukuri ilmu adalah membagikan ilmu itu, agar semuanya mendapat barokah ilmu. Semoga pesantren ini diberikan barokah. Amin.