Tips Bertemu Kekasih

Adzan telah berkumandang shalat Dzuhur telah memasuki waktunya. Namun tak jarang saat mendengar adzan hati tak bergegas untuk melaksanakan shalat. Ada yang berdalih karena shalat merupakan ibadah yang muwassa’ dengan durasi waktu yang panjang.


Padahal tak sedikit dari kita yang telah mengetahui kebesaran fadhilah melakukan shalat di awal waktu. Sebagaimana tertuang dalam kitab hadits Sunan Al-Daroquthni,

عن أم فروة كذا قال , قالت: سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا أسمع عن أفضل الأعمال , فقال: «الصلاة لأول وقتها»


Artinya: Diriwayatkan dari Farwah sebagaimana ia katakan Rasulullah Saw pernah suatu ketika ditanya oleh seseorang mengenai amal yang paling mulia dan aku mendengarnya, maka Rasulullah menjawab “Sholat diawal waktu“. HR Al-Daroquthni


Sepertinya telah banyak yang mengetahui hadis tersebut bagaimana menyegerakan shalat di awal waktu merupakan amal terbaik. Namun realita berkata lain, hal ini bisa kita lihat dari sedikitnya orang yang mau melakukan shalat tepat setelah adzan dikumandangkan.


Lantas apa sebenarnya yang salah dari kita?


Cinta, karena kita belum mencintai Tuhan kita sepenuhnya. Hal ini pernah suatu ketika dijelaskan oleh Maulana Al-Habib Luthfi bin Yahya dalam pengajiannya saat bulan Ramadhan. Sangat tepat apa yang beliau sampaikan kepada santri-santri posonan kala itu.


Sedikit yang kami ingat dari penjelasan Habib Luthfi adalah dimana beliau menganalogikan permasalahan sholat dengan sesuatu yang biasa kita alami dalam kehidupan sehari-hari.


Salah satunya adalah menggambarkan bagaimana sikap kita saat janjian dengan orang yang kita cintai. Ya, bayangkan saja saat kita telah janjian dengan seorang yang sangat kita cintai pastilah semangat membara akan salalu terasa sebelum waktu ketemuan dengan sang terkasih. Semisal saja janjian ketemuannya jam 12.00 siang pasti mulai jam 10.00 atau mungkin mulai jam 09.00 kita sudah melakukan persiapan.


Mandi agar tubuh tetap bersih dan wangi, memilih pakaian terbaik yang dimilikinya, parfum setengah botol disemprot sana sini, merapikan wajah rambut dan semua hal yang berkaitan dengan penampilan. Yang tak lain ia siapkan guna bertemu kekasih pujaan hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.