Tradisi Orang Mesir di Bulan Ramadan

Penulis: Khaima Tsalis

Membicarakan maidaturrohman masih ada kegiatan lain yang disebut dengan Musaadah yakni bagi-bagi uang oleh orang Arab pada umumnya tapi orang Mesir khususnya sangatlah dermawan di bulan Ramadan, nominal uang yang diberikan pun bervariasi mulai dari 20 Pound sampai 300 Pound (1 Pound sama dengan 735 rupiah) dan biasanya mereka akan membagikan di masjid atau toko.

Selain itu, ada yang namanya Fanous yakni dekorasi untuk menyambut bulan suci Ramadan. Penduduk setempat akan menghiasi di sepanjang jalan, pintu masuk gedung, balkon dengan dekorasi yang unik dan berkilau agar menarik.

Tradisi ini masih dijaga sampai sekarang, ditambah dengan pernak-pernik Timur Tengah yang  membuat suasana semakin ceria, bahagia dan pada malam hari udaranya akan lebih sejuk dari pada di siang hari dengan panas matahari yang sangat terik.

Ibu kota Kairo akan diramaikan dengan budaya yang membuat bulan Ramadan tambah seru ada tarian rakyat, band Hasab Allah, dan ditampilkan juga cerita rakyat sepanjang sejarah Mesir yang dilengkapi pertunjukan artistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.