3,774 views

Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Putri

Profil Pondok Pesantren Putri Lirboyo Al-Mahrusiyah

Pondok Pesantren Putri Lirboyo Al-Mahrusiyah adalah salah satu unit Pondok Pesantren Lirboyo, yang didirikan oleh KH. Imam Yahya Mahrus, tepatnya pada hari Ahad, tanggal 06 Januari 2002.

Pondok Pesantren Putri Lirboyo Al-Mahrusiyah resmi membagi lokalnya menjadi dua, yaitu: Pertama, P3 Al-Mahrusiyah I (Barat), bertempat di Jl. KH. Abdul Karim No. 09 Lirboyo yang dihuni oleh santri Madrasah Aliyah dan Mahasiswi IAIT Kediri. Kedua, P3 Al-Mahrusiyah II yang bertempat di Jl. Penanggungan No.44 B, dihuni khusus untuk siswi Madrasah Tsanawiyah. Pembangunan P3 Al-Mahrusiyyah II ini diselesaikan pada tanggal 18 Desember 2003.

Tepat pada tahun 2012, P3 Al-Mahrusiyah Unit Ndalem Barat resmi menjadi asrama putri. Berada di belakang ndalem barat keluarga besar KH. Imam Yahya Mahrus dan Ibu Nyai Hj. Zakiyah Imam Al-Ishaqi. Dihuni oleh santri yang telah dipindahkan dari Pondok Pusat dikarenakan banyaknya santri dan minimnya lokal Pondok Pusat.

Pada tahun 2015, Pondok Al-Mahrusiyah kembali membangun P3 Al-Mahrusiyah III yang bertempat di desa Ngampel, Kediri. Digunakan khusus untuk santri tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dengan diresmikannya Sekolah Dasar di bawah naungan Yayasan Al-Mahrusiyah pada tahun 2016, santri putri kian bertambah. Khusus untuk santri tingkat SD ini, diasramakan di Al-Mahusiyah Muning (II).

Kemudian pada tahun 2017, Yayasan Al-Mahrusiyah meresmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang secara tidak langsung pondok pesantren putri juga bertambah dikarenakan adanya siswi SMP, sehingga para santri SMP ini diasramakan di Al-Mahrusiyah III (Ngampel).

Santri terus meningkat di setiap tahunnya sehingga Al-Mahrusiyah sekarang memiliki 7 Asrama yakni; Asrama Daaru Rasyidah dan Asrama Al-Utsmaniyah (Ndalem Ning Ochi), Asrama Ar-Roudhoh (Ndalem Gus Izul), Asrama Al-Mahda (Ndalem Ning Etna), Asrama Al-Misky (Ndalem Gus Reza) Asrama Al-Asyiqiyah (Ndalem gus iing) dan Asrama Al-Qomariyah yang baru didirikan tahun 2021 (Ndalem Gus nabil) .

Galeri Asrama Putri Pondok Al-Mahrusiyyah
Jumlah Santri
Jadwal Kegiatan
  • Umum
  • Khusus
Galeri Kegiatan P3 Al-Mahrusiyyah

Brosur 2022-2023 dapat didownload dilink ini

baca juga: Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah
tonton juga: #24 PENGAJIAN KITAB AL MIZAN AL KUBRO | KH. M. ANWAR MANSHUR

3

6 thoughts on “Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Putri

  1. Assalamualaikum afwan…apakah untuk pendaftaran penerimaan santri baru masih dibuka??….Cara mendaftar onlinenya bagaimana ya??…syukron

  2. assalamualaikum…. nderek tanglet, dipondok lirboyo ap ad program atau kelas tahfid untuk jenjang tsanawiyah dan aliyah ? terimaksih sebelumnya

    1. Wa’alaikumsalam,
      untuk program tahfidz bisa mendaftar di Pondok Pesantren Murottilil Quran (PPMQ) Lirboyo, atau Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Quran (P3TQ) Lirboyo

    2. Waalaikumsalam. Ada. Untuk pondok putri, Anda bisa membuka keterangannya di profil tentang pondok unit tahfidzil qur’an, atau bisa juga di pondok al-baqoroh putri.

  3. assalamualaikum,,,estu kulo bingung.. apa bedanya ponpes lirboyo dan al mahrusiyah? apa keduanya ada MTS nya? apa kurikulumnya sama?
    maturnuwun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.