HomePojok LirboyoPembangunan Dapur Ponpes Lirboyo

Pembangunan Dapur Ponpes Lirboyo

0 2 likes 15 views share

Lirboyonet,Kediri– Pondok Pesantren Lirboyo tahun ini benar-benar mengalami perkembangan yang sangat besar, baik berupa membludaknya santri baru dan bertambahnya gedung-gedung baru. Tahun lalu Pondok Lirboyo harus memperlebar tempat mandi (Jeding) santri, dikarenakan tempat mandi yang lama sudah tidak muat menampung santri yang semakin banyak, bahkan diatas tempat mandi yang baru juga dibangun untuk kamar-kamar santri.

Kini pondok lirboyo akan menambah jumlah kamar lagi bagi santri-santri yang telah mencapai ribuan, lokasi pembangunan kali ini adalah dapur yang tempatnya berada di depan gedung Al- Ittihad I atau kamar Block S. karena melihat dapur yang sudah tak layak pakai.

pembangunan ini diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama, karena menurut penuturan tim pembangunan Ponpes Lirboyo Bpk. Syahri dan Bpk. Zubda, “bahwasanya gedung ini akan dibuat sampai 3 lantai, untuk lantai bawah akan tetap menjadi dapur santri, nah diatasnya baru kamar-kamar bagi santri yang insyaAllah akan berjumlah 22 kamar , untuk yang paling atas akan dijadikan jemuran dan untuk warung-warung yang ada didekat dapur juga akan mendapat jatah tempat”.

Ini merupakan proyek yang besar bagi pondok, karena luasnya tempat dan tingginya gedung yang akan dibuat, terbukti dengan dana yang dikeluarkan untuk perlantai bisa mencapai 1,5 M “bahkan untuk lantai 1 yaitu bagian dapur bisa mencapai 1,8 M itu karena dapur akan diubah menjadi penataan dapur kota dan sekaligus memperbarui jeding” kata Bpk. Nukman selaku Pimpinan Ponpes Lirboyo.

Dengan perombakan besar-besaran ini diharapkan santri bisa nyaman dalam proses belajar dan kegiatan sehari-hari.