Pembekalan Peserta Wajib Khidmah Ma’had Aly Lirboyo

Pembekalan Wajib Khidmah Mahasantri Ma’had Aly Lirboyo

Pembekalan Peserta Wajib Khidmah Ma’had Aly Lirboyo

LirboyoNet – Rabu (07/12/) Sekitar pukul 14:00 Wis. Dalam rangka mempersiapkan program wajib khidmah bagi mahasantri semester akhir Ma’had Aly Lirboyo, Pondok Pesantren Lirboyo bekerjasama dengan Lembaga Ittihadul Mubalighin Pusat mengadakan acara pembekalan wajib khidmah.

Khidmah yang dimaksud adalah pengabdian mahasantri yang telah menyelesaikan tingkat Ma’had Aly semester VI yang ditugaskan pada Pondok, Madrasah Hidayatul Mubtadiin atau lembaga pendidikan lain yang telah ditentukan.

Acara yang bertempat di Aula Muktamar ini dihadiri oleh para pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo, Para Dosen, Mudier Ma’had Aly dan Pengurus Lembaga Ittihadul Mubalighin Pusat.

Acara diawali dengan sambutan dari Agus Izzul Maula Diyaullah, selaku Dosen Ma’had Aly Semester VI dalam sambutannya beliau berharap kepada para mahasantri untuk bisa maksimal dalam berkhidmah; dalam berkhidmah mari kita dasari dengan rasa Ikhlas, rasa tawakal dan rasa bertanggungjawab membawa amanat dari pondok.”Tegasnya.

Dilanjutkan pengarahan, dari Agus HM. Adibussholeh Anwar (Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo). Dalam pembahasan yang begitu panjang terkait khidmah, beliau juga memberikan banyak motivasi dan materi seputar wajib khidmah diantaranya;

  1. Khidmah Sebagai Wujud Pembelajaran; Khidmah adalah ‘kesempatan kedua’ yang diberikan oleh masyayikh untuk kembali belajar dan belajar. Artinya, terkadang mungkin ada beberapa santri yang semasa menjadi siswa ia kurang maksimal dalam belajar. Oleh karena itu, khidmah bisa dijadikan ajang untuk menambal kekurangan belajar tersebut.
  2. Sebagai Amal Jariyah; Dengan berkhidmah berarti membantu kelancaran para santri dalam menuntut ilmu dan hal itu akan menjadi catatan amal sholeh, bahkan bisa menjadi amal jariyah jika disertai hati yang ikhlas.
  3. Menambah Kedewasaan Mental dan Pola Pikir; Dengan berkhidmah yang sungguh-sungguh, kedewasaan berpikir dan kekuatan mental akan bertambah. Hal ini karena dalam berkhidmah akan banyak menemukan kendala dan masalah yang banyak serta cara penyelesaian yang beragam.
  4. Khidmah Sebagai Wujud Rasa Terimakasih Kita Pada Pondok dan Madrasah; Setelah menerima ilmu, pengalaman dan manfaat selama menjadi santri, maka ajang khidmah dapat menjadi salah satu wujud rasa terimakasih kita kepada pondok dan madrasah. Khidmah bukanlah beban, khidmah justru adalah anugerah karena tidak semua orang mendapat kesempatan untuk berkhidmah.

Dalam pengarahan terahir dari KH. Athoillah Sholahuddin Anwar, beliau juga memberikan banyak motivasi dan materi seputar wajib khidmah yang mana hal tersebut merupakan sarana implementasi hasil belajar bagi wisudawan Ma’had Aly Lirboyo serta bentuk pengabdian diri di masyarakat. Diantara hal-hal yang perlu dipersiapkan yakni;

  1. Komunikasi dengan cara baik dengan orang tua dengan tujuan meminta izin dan restu untuk berkhidmah disertai dengan memberi pengertian kepada mereka tentang khidmah yang akan dijalani.
  2. Menata niat untuk ngestoaken dawuh guru.
  3. Jangan pernah pilah-pilih ingin khidmah di mana dan di bidang apa, tugas kita adalah ndereaken dawuh dari para masyayikh dan sesepuh. Hal ini karena dalam penentuan bidang khidmah, para masyayikh dan sesepuh telah mempertimbangkan banyak hal.
  4. Khidmah diposisi apapun dan di tempat manapun sama baiknya, Entah di Lirboyo atau luar Lirboyo, di Pondok atau MHM, di salah satu Seksi atau lainnya, karena seluruhnya dalam bingkai ngestuaken dawuh guru.

Acara diahiri dengan melangitkan doa bersama yang dipimpin oleh KH. Athoillah Sholahuddin Anwar.Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Berita terkait tentang Badan Nasional Penanggulangan Teroris, Anda bisa membacanya di BNPT Membangun Duta Damai Dunia Maya Bersama Santri
Anda juga bisa melihat Kuliah Umum Ma’had Aly Lirboyo Bersama Kepala BNPT RI di Pondok Pesantren Lirboyo.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.