HomePojok LirboyoStudi Banding PP. Nuhiyah Pambusuang Sulawesi Barat

Studi Banding PP. Nuhiyah Pambusuang Sulawesi Barat

0 0 likes 711 views share

LirboyoNet, Kediri – Ahad 19 Juni 2011 tepatnya pukul 18.00 Wis, Rombongan delegasi dari Pondok pesantren Pambusuang Sul-Bar  menginjakkan kaki di bumi Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri.

Setelah istirahat sejenak, delegasi yang berjumlah 13 orang ini melaksanakan sholat maghrib berjamaah dengan para santri yang dilanjutkan acara seremonial sambutan selamat datang oleh Ust HM. Mukhlas Nor selaku ketua Satu Pondok Pesantren Lirboyo di kantor Al-muktamar.

Mewakili pengurus Pondok, beliau Ketua satu pondok pesantren lirboyo menjelentrehkan panjang lebar tentang kondisi pondok pesantren lirboyo, juga ada penjelasan dari pengurus Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien. Mereka para rombongan sangat terkagum-kagum terhadap Pondok Pesantren Lirboyo, sehingga di antara  mereka ada yang bertanya“Apa rahasia Pondok pesantren salafi ini kok bisa maju dan berkembang dengan pesat?”.

Tujuan Study Banding ini bertujuan agar kelak apa-apa yang di dapatkan dari beberapa Pondok Pesantren ini dapat di terapkan di Pondok Pesantren Mereka.

Esok harinya sebelum rombongan ini berpamitan, tak lupa sowan terlebih dahulu ke dalem pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-at Romo Yai Muhammad Anwar Manshur, Beliau Romo Yai Anwar(Panggilan Akrab Beliau) benar-benar menyambut dengan penuh  hangat dan kekeluargaan, di sela-sela obrolan hangat, beliau pengasuh Pondok pesantren putri hidayatul mubtadi-at beranjak dari kursinya hendak mengambil hirzul jausan untuk di jadikan kenang-kenangan kepada seluruh peserta study banding, beliau romo Yai juga memberikan kenang-kenangan berupa sebuah Sorban Kepada ketua rombongan yang juga selaku pengasuh pondok pesantren “Nuhiyah” Pambusuang Sulawesi Barat KH. Bisri Idris.

Study Banding  ini tidak hanya di Pondok Pesantren Lirboyo saja, tapi juga ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur antara lain, PP. Darul Ulum Jombang, Malang, dan terakhir ke PP. Sido Giri Pasuruan. Nang