HomePojok LirboyoLomba MQK Wilayah Kediri 2017

Lomba MQK Wilayah Kediri 2017

0 1 likes 273 views share

LirboyoNet, Kediri-Pergelaran lomba Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK) se-Wilayah Kediri kembali diselenggarakan. Kali ini Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyyah III, yang merupakan Pondok Unit Lirboyo, menjadi tuan rumah. Pagi yang terik di hari Ahad (17/09) lomba digelar di masjid Ponpes Lirboyo HM Al-Mahrusiyah III, di kelurahan Ngampel, Mojoroto, Kota Kediri. Dengan didatangi berbagai santri se-Karisidenan Kediri sebagai peserta, masjid yang begitu luasa ini terlihat penuh. Tidak hanya para santri putra dan putri yang hadir di masjid itu.  Jajaran Kementerian Agama pun ikut menghadirinya.

Agus H. Reza Ahmad Zahid selaku pengasuh Ponpes ini, dan juga sebagai tuan rumah perlombaan memberikan sambutan dalam sesi pembukaan lomba. “Kepada para peserta lomba, bersungguh-sungguhlah kalian dalam perlombaan ini.  Yakinkan diri kalian, bahwa kalian itu mampu. Lomba MQK adalah lomba yang tidak sembarangan.”

Dalam perlombaan kali ini terdapat 11 majelis yang terdiri dari beberapa fan, yakni tafsir & ilmu tafsir, Hadist & Ilmu Hadist, Tauhid, Nahwu, Balaghoh, Usul Fiqh, Tarikh, Akhlaq, Fiqh, Debat Bahasa Arab dan Debat Bahasa Inggris. Pada setiap majelis juga masih terbagi dari tingkat Ula dan Wustha, dan Ulya.

Adapun Pondok Pesantren Lirboyo mengirimkan santri delegasi sebanyak lebih dari dua puluh santri. Mereka disebar dalam berbagai fan-fan yang dilombakan.

Perlombaan MQK pada pagi tadi mendatangkan berbagai juri, yakni:

  1. H. Muhammad Syafi’ (Tafsir)
  2. M. Zainul Fuad (Hadist)
  3. H. Ahmad Kafabihi (Nahwu)
  4. Ali Mahfudz Sidiq (Fiqih)
  5. M. Dinul Qoyyim (Ahlaq)
  6. Agus Syahrowardi (Tauhid)
  7. Agus Ali Mukhtar (Tarikh)
  8. M. Fahim Mubarok (balaghoh)
  9. M. Ali Wafa (Ushul Fiqih)
  10. Ahmad Fauzi Lc.MA. (Debat Bhs. Arab)
  11. Joshua Parfitt (Stamford-British) (Debat Bhs. Inggris).