Ngalap Berkah Bulan Sya’ban dan Ramadhan, Ngaji Shahih Muslim

Ngalap Berkah Bulan Sya'ban dan Ramadhan, Ngaji Shahih Muslim

Lirboyo.net – Ngalap berkah bulan Sya’ban dan Ramadhan. kalimat itulah yang cocok untuk santri yang ikut “Ngaji Sya’ban dan Posonan” di Pondok Pesantren Lirboyo. Baik santri pondok pesantren Lirboyo sendiri maupun santri pendatang dari berbagai penjuru daerah guna ngaji di pondok pesantren Lirboyo.

Sudah menjadi tradisi disetiap pondok pesantren ketika menjelang datangnya bulan Ramadlan banyak sekali orang-orang yang berduyun-duyun datang ke pondok pesantren untuk nyantri atau ngalap berkah sekaligus mengikuti pengajian kilatan yang diselenggarakan pondok pesantren tersebut. Termasuk pula pondok pesantren Lirboyo.

Pengajian Masyayikh Pondok Lirboyo

Pada tahun ini kitab yang akan dibacakan oleh para masyayikh dan dzurriyah Pondok Pesantren Lirboyo cukup banyak dan beragam. Berbagai fan ilmu agama Islam akan siap di hidangkan untuk para santri yang siap ngalap berkah masyayikh Pondok Pesantren lirboyo.

Pada tahun ini (2024 M/1445 H), salah satu kitab besar yang akan dibacakan di masjid agung Lirboyo adalah kitab “Shahih Muslim”. Pengajian kitab besar ini akan dimulai pada besok hari Rabu, 18 Sya’ban 1445 H/ 28 Februari 2024 M pukul 06.00 WIs pagi. Lebih tepatnya, pembacaan kitab ini akan dibuka langsung oleh Romo KH. M. Anwar Manshur di Serambi Masjid Lawang Songo Pondok Pesantren Lirboyo. Serta Akan di siarkan secara langsung (Live) di channel Youtube Pondok Lirboyo.

Sementara untuk tahun kemarin, para masyayikh Pondok peantren Lirboyo telah mangkhatamkan kitab besar pula, berjudul “Sahih Al-Bukhari”. Sehingga, jika tahun ini yang dibacakan adalah kitab “Sahih Muslim” maka ini merupakan momentum yang tepat. Sebab, sebagaimana yang telah masyhur, bahwa 2 kitab Shahih ini memiliki julukan Shahihain (2 kitab Sahih yang hanya mengkodifikasi hadits-hadits Sahih).

Selayang Pandang kitab Shahih Muslim

Kitab Shahih Muslim adalah salah satu di antara 6 (enam) kitab hadits yang menjadi rujukan kaum muslimin. Ia adalah kitab dalam tingkatan kedua setelah Sahih Bukhari di tinjau dari segi kesahihannya. Kitab ini juga banyak di kaji di pesantren. Bisa sebagai pengajian rutin, dan bisa pula sebagai pengajian kilatan khusus dalam mengisi waktu liburan atau bulan puasa.

Kitab ini adalah karangan ulama besar Imam Abu Al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisabury. Beliau lahir tahun 206 H di Neyshabur, sebuah kota di Iran bagian utara. Sejak kecil, Imam Muslim bin Al-Hajjaj sudah mencintai ilmu hadits. Menurut catatan Adz-Dzahabi, Muslim bin Al-Hajjaj sudah mengumpulkan riwayat hadits sejak umur 12 tahun, tepatnya pada tahun 218 H. (Syamsuddin Adz-Dzahabi, Tadzkiratul Huffazh, [Beirut: Darul Kutubil ‘Ilmiyyah], juz II, halaman 125).

Nikmat ilmu Muslim bin Al-Hajjaj seolah begitu sempurna. Selain diberi keinginan kuat untuk memperdalam ilmu, ia mendapat kemudahan rizqi untuk melancarkan berbagai kebutuhan ilmunya, dipertemukan dengan para guru yang luar biasa, dan juga memiliki murid-murid yang luar biasa. Nama-nama besar seperti Abu Isa At-Tirmidzi penulis Sunan At-Tirmidzi, Muhammad Ibnu Khuzaimah penulis Shahih Ibn Khuzaimah, dan Abu ‘Awanah penulis Shahih Ibn ‘Awanah, tercatat sebagai bagian dari orang-orang yang mengambil ilmu dari Imam Muslim bin Al-Hajjaj. (Al-Maliki, Al-Manhalul Lathif, halaman 260).

Tokoh besar ini wafat pada bulan Rajab tahun 261 H dalam usia yang belum genap 55 tahun. Dalam bidang keilmuan, ia mewariskan banyak kitab karangannya, selain kitab Shahih-nya. Ada banyak karya lain yang ia tinggalkan, di antaranya At-Tamyiz, sebuah kitab tentang teori kritik hadits (naqdul hadits), At-Thabaqat, dan Asma’ur Rijal. Namun sayangnya banyak kitab karangannya yang tidak terawat dengan baik, hingga kita hanya mendengar nama-namanya saja tanpa pernah melihat wujudnya.

Jadwal Qari’ Pengajian Kitab Shahih Muslim

Adapun jadwal qari’ pengajian kitab Shahih Muslim adalah sebagi berikut :

KH. Ahs. Zamzami Mahrus & Agus HA. Khuwaarizmiy IR

06.00 – 08.00 Wis (Pagi)

أول كتاب الصلاة

KH. Athoillah S. Anwar & Agus M. Aminulloh Mahin

08.00 – 09.30 Wis (Pagi)

كتاب الصلاة كتاب الجمعة

KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus & Agus HM. Yasin MK.

10.00 – 12.00 Wis (Siang)

كتاب الجمعة كتاب الحج

Agus HM. Ibrahim A. Hafidz & Agus HM. Abdul Mu’id Shohib

02.00 – 05.00 Wis (Sore)

كتاب الحج باب النهي عن الإنتباذ

Agus HM. Dahlan Ridlwan & Agus HM. Ali Ya’lu Anwar

07.30 – 11.00 Wis (Malam)

باب النهي عن الإنتباذ – ختم

Baca Juga : Ragam Pengertian Puasa, Sejarah dan Keistimewaan Ramadhan

Jangan Lupa Kunjungi Media Sosial Pondok Pesantren Lirboyo : InstagramFacebookYoutube.

 

Ngalap Berkah Bulan Sya’ban dan Ramadhan, Ngaji Shahih Muslim
Ngalap Berkah Bulan Sya’ban dan Ramadhan, Ngaji Shahih Muslim

2 thoughts on “Ngalap Berkah Bulan Sya’ban dan Ramadhan, Ngaji Shahih Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.