HomePojok LirboyoMenyongsong Revolusi Industri 4.0

Menyongsong Revolusi Industri 4.0

0 2 likes 344 views share

LirboyoNet, Kediri- Siang tadi (18/03), Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri menggelar kuliah umum yang bertajuk “Peran Perguruan Tinggi dan Pondok Pesantren Menyongsong Revolusi Industri 4.0” dengan mendatangkan Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, sebagai pembicara. Memanfaatkan momentum tersebut, ratusan mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIT Lirboyo Kediri yang mengikuti acara tersebut memadati ruang auditorium Al-Muktamar.

Dalam sambutannya, KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo yang sekaligus Rektor Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri menyambut baik atas terselenggaranya kuliah umum tersebut dengan menjelaskan pentingnya ilmu dalam menjawab tantangan zaman. “Untuk menghadapi dunia ke depan, yang dibutuhkan adalah ilmu.” terang Yai Kafabih.

Sebagai pembicara, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa menjelaskan dengan sistematis dan terperinci perihal revolusi industri 4.0. Perkembangan teknologi dengan segala kemajuannya adalah realita zaman yang seharusnya diimbangi, terutama oleh generasi milenial yang dalam masa pendidikan, baik yang ada di perguruan tinggi maupun pondok pesantren.

Fenomena ekonomi digital di Indonesia telah berkembang pesat saat ini. Semua hal yang berkaitan dengan ekonomi dan industri banyak dilakukan secara online. Di sinilah tantangan generasi milenial seperti kalian harus mampu ikut serta dan mewarnainya demi kekuatan dan kemajuan ekonomi bangsa.” terang bu Khofifah.

Mengimbangi kemajuan teknologi digital tetap saja memiliki dampak negatif yang perlu diantisipasi dan diperangi, salah satunya mewabahnya hoax atau berita palsu. Hal itu disampaikan Guberner Jawa Timur yang baru terpilih ini di akhir sesi kuliah umum yang disampaikannya.[]