HomePojok LirboyoSilaturohim Santri Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah Aceh Jaya

Silaturohim Santri Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah Aceh Jaya

0 0 likes 61 views share

LirboyoNet, Kediri-  Ahad 23/09/2018 dalam suasana pagi yang cerah Pondok Pesantren Lirboyo kembali mendapat kunjungan studi banding dari Dayah BUDI (Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah) Aceh Jaya. Dalam agenda kunjungan Dayah BUDI Ke Jawa salah satunya adalah untuk mengunjungi Pondok Pesantren Lirboyo. Mereka berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo dengan tujuan menambah wawasan tentang pendidikan pesantren yang dapat  mencetak generasi yang punya semangat juang dalam pengabdian yang tulus, baik ketika di pesantren maupun setelah lulus. dan juga sedikit melihat aktifitas belajar mengajar di Pondok Pesantren Lirboyo.

Dalam kesempatan ini rombongan Dayah BUDI yang ikut dalam kunjungan ini ada 25 santri Aliyyah Dayah BUDI dan didampingi perwakilan pengurus bapak Muhammad Murdiyan Syah. Rombongan disambut langsung oleh sebagian pengurus pondok dan juga pimpinan pondok yang dalam hal ini diwakili oleh bapak A Zamzami. Dalam sambutannya beliau sedikit banyak menceritakan seluk beluk Pondok Pesantren Lirboyo, sistem belajar mengajar Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien, lembaga dakwah (Lembaga Itihadul Mubalighin), agenda rutinan alumni ngaji kemis legi, DLL.

Rombongan Dayah BUDI juga menyempatkan untuk sowan di kediaman KH. M Anwar Manshur untuk sekedar silaturohim dan juga meminta nasehat kyai tentang belajar di pondok pesantren. Beliau KH. M Anwar Manshur juga berpesan agar di setiap kita memulai membaca kitab untuk menghadiahkan fatihah terlebih dahulu kepada Nabi Muhammad SAW, mu’alif kitab, masyayikh, dan para kyai. Agar supaya ada hubungan batiniyah yang kuat antara kita dengan guru-guru kita (Nabi Muhammad SAW, mu’alif kitab, masyayikh, dan para kyai) . Lebih lanjt beliau KH. M Anwar Manshur juga berpesan agar disetiap kita memulai belajar/membaca kitab supaya membaca do’a Nabi Musa dalam surat Thoha ayat 25-28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي. وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي. وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي.  يَفْقَهُوا قَوْلِي