HomePojok LirboyoLiburan, Santri Harus Melihat Kebutuhan Masyarakat

Liburan, Santri Harus Melihat Kebutuhan Masyarakat

0 1 likes 907 views share

LirboyoNet, Kediri – KH. M. Anwar Manshur, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo memberikan bekal untuk para santri di serambi Masjid Lawang Songo. Malam itu, (17/12) beliau duduk di hadapan santri yang rela berdesakan demi mendengar langsung dawuh dari beliau.

“Kita sampun sampai tahap pertama, yaitu mulai Syawal sampai Maulud. Kita libur sementara. Dan kalau sudah masuk lagi, biar lancar mondoknya, Nggih?” pertanyaan beliau itu serentak dijawab oleh para santri, “Nggih…”

Di tahun-tahun sebelumnya, juga selalu dilaksanakan pembekalan seperti ini. Tak lain, tujuannya adalah memberikan stimulus kepada santri tentang apa yang harus dilakukan oleh mereka saat di rumah. “Ini waktunya sampean untuk melihat apa yang dibutuhkan masyarakat. Nopo seng dibutuhne, niku sampean siapaken (apa yang dibutuhkan, itu kalian siapkan).”

Meskipun beriringan dengan rintik hujan, semangat santri untuk hadir di serambi tidak luntur. Beberapa dari mereka bahkan rela berdiri karena tidak mendapat tempat yang cukup untuk sekedar menghamparkan sajadah.

“Sampean wangsul monggo (kalian pulang silakan). Tapi jaga akhlakul karimah. Jaga asmane (jaga nama baik) Mbah Abdul Karim. Jaga asmane Mbah Marzuqi. Jaga asmane Mbah Mahrus,” titah Mbah War, sapaan akrab santri kepada beliau. Selanjutnya, beliau memperingatkan bahwa santri di rumah membawa nama Pesantren Lirboyo. Maka, para santri harus hati-hati dalam berperilaku di tengah-tengah masyarakat.

Ujian Semester Ganjil gelombang pertama yang berakhir pada Sabtu (19 Desember) menjadi hari terakhir di pondok bagi sebagian besar santri. Karenanya, Kamis malam Jum’at kemarin dianggap ideal untuk melaksanakan pembekalan ini, dalam menghadapi libur tengah tahun yang akan berlangsung sejak tanggal 20 hingga 29 Desember nanti. Dan setelah libur, santri akan dihadapkan langsung dengan Ujian Semester Ganjil gelombang kedua pada 30 Desember sampai 2 Januari 2016.][