HomePojok LirboyoLIM Lirboyo Mempersiapkan Dai

LIM Lirboyo Mempersiapkan Dai

0 0 likes 660 views share

LirboyoNet, Kediri – Dakwah menjadi peristiwa yang tak bakal lekang. Dia harus selalu ada untuk menguak cahaya. Umat memerlukan cahaya dakwah sebagai petunjuk ke mana seharusnya wadag dan jiwa mereka berarah. Kebutuhan umat akan petunjuk belakangan ini telah sedemikian urgen. Dunia yang semakin gemerlap, telah mengaburkan pandangan umat akan cahaya yang seharusnya dianut.

Kebutuhan ini yang menjadi titik tolak Lembaga Ittihadul Muballighin Pondok Pesantren Lirboyo (LIM P2L) dalam menentukan arah juangnya. Safari Ramadlan, yang telah menjadi program bertahun-tahun, kian mendapat perhatian dari masyarakat. Terbukti, dalam beberapa tahun terakhir ini, Safari Ramadlan sudah merambah hingga Luar Jawa. Pontianak misalnya. Dengan dukungan dari masyarakat lokal, para santri yang ditugaskan di sana dapat mengemban amanah dari pondok dengan baik dalam tahun pertama mereka Ramadlan kemarin.

Untuk Ramadlan depan, peran mereka dan santri-santri dari daerah lain, sangat diharapkan untuk memberikan partisipasi lebih. Dalam sidang koordinasi LIM Pusat dan Dewan Harian Safari Ramadlan Daerah, Rabu (16/12) kemarin, diungkapkan bahwa kebutuhan masyarakat akan ilmu agama semakin tinggi.

 

“Peran kita telah ditunggu-tunggu masyarakat. Kalau bisa, kita harus ikut dalam pembangunan mental beragama masyarakat,” ucap Harun al-Rasyid, salah satu dewan harian LIM P2L. Maka tidak bisa tidak, para delegasi Safari Ramadlan harus bermu’asyarah dengan masyarakat. “Setelah maulud, akan kita adakan pelatihan khusus untuk para delegasi, bagaimana cara berdakwah yang seharusnya, bagaimana bermu’asyarah, dan sebagainya,” imbuhnya.

Sidang Koordinasi yang dilaksanakan di gedung Rusunawa ini bertujuan untuk mempersiapkan para pengurus Safari Ramadlan Daerah, agar tahu langkah apa yang harus ditempuh untuk membuat sistem yang baik dalam kegiatan safari tahun depan. Mulai dari menentukan tempat, mengonsep kegiatan, mencari dukungan, dan lain-lain.

Dan dalam menikmati liburan maulud kemarin, para pengurus Safari Ramadlan daerahnya masing-masing sudah dapat menentukan tempat yang akan dijadikan lokasi safari. Bahkan sebagian sudah bisa menjalin hubungan yang lebih erat dengan tokoh daerah setempat. Tentu saja agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai keinginan dan tujuan LIM khususnya dan Ponpes Lirboyo pada umumnya.][