HomePojok LirboyoPraktik Ru’yah di Pantai Serang Blitar

Praktik Ru’yah di Pantai Serang Blitar

0 0 likes 970 views share

LirboyoNet, Kediri –  Cuaca terang dengan awan indah mengiringi pemberangkatan rombongan Tim Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Lirboyo untuk mengadakan Praktek Ru’yah dipantai Serang Blitar yang diadakan oleh Seksi Pramuka.

Selasa (12/03/13) tepat pukul 10.00 WIB rombongan yang berjumlah 40 orang berangkat menuju Pantai Serang Blitar. Jalan yang berkelok naik turun nan bergelombang dikelilingi tebing yang cukup dalam tidak menyurutkan semangat peserta untuk praktek ru’yah.  Praktek ini merupakan program lanjutan dari kursus falak yang diadakan seminggu sekali dipondok Pesantren Lirboyo sebagai media pembelajaran santri dibidang falakiyah. kata salah satu Pengurus Seksi Pramuka. Rombongan tiba dilokasi sekitar jam 14.00 WIB langsung breafing untuk pelaksanaan ru’yah.

Proses ru’yah tahun sekarang berbeda, posisi pengamatan dilaksanakan di bawah yaitu sekitar pantai yang menghadap kearah terbenamnya matahari. Praktekpun dimulai sekitar pukul 17.11 dengan pengarahan dari Lajnah Falakiyah Pondok Lirboyo. Setelah mengamati sekitar setengah jam akhirnya menghasilkan keputusan untuk penentuan tanggal satu bulan Jumadil awal walaupun terbenamnya matahari sedikit tertutup oleh mendung. Rombonganpun pulang ke pondok setelah sholat maghrib berjamaah. lies