587 views

Istighotsah Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia

Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia, Pondok Pesantren Lirboyo mengadakan istighosah bersama sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada bangsa Indonesia, khususnya berupa kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang lalu. Bertempat di Aula Al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, pada hari Selasa, 16 Agustus 2022.

Pada acara yang berlangsung tadi malam, KH. Atho’illah S. Anwar selaku mudir ‘am Madrasah Hidayatul Mubtadiin, memimpin pembacaan do’a bersama. Pembacaan do’a ini bertujuan agar darma bakti semua pahlawan dapat diterima Allah, serta semoga Indonesia selalu merdeka dalam segala hal.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan orasi kebangsaan yang dibawakan oleh Agus HM. Adibussholeh Anwar.

Pada kesempatan ini, beliau mengungkapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia.

Beliau berpesan kepada generasi muda tentang pentingnya menumbuhkan jiwa nasionalisme. Banyak hal yang bisa dilakukan agar jiwa nasionalisme tetap menyala, salah satunya belajar dengan giat.

Selain itu, pesan beliau yang lain di antaranya bagi masyarakat, seharusnya memasang gambar-gambar pahlawan, khususnya pahlawan Islam seperti Pangeran Diponegoro dan gambar para wali, seperti KH. Hasyim Asy’ari. Hal ini diharapkan agar ketika melihat gambar tersebut, hati kita selalu terkenang dengan semangat beliau-beliau ketika memperjuangkan kemerdekaan dan semangat untuk membela negara.

Semangat yang dimiliki para pahlawan itu harus selalu dikenang. Walaupun para pahlawan telah meninggal dunia, akan tetapi sampai saat ini, semangat para pahlawan masih dapat dirasakan oleh generasi sekarang untuk membangun dan memajukan negara.

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia di Pondok Pesantren Lirboyo, rutin diadakan setiap tahun. Bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme santri serta agar santri selalu mengenang dan mengimplementasikan semangat perjuangan para pahlawan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Acara ini ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hubbul Wathan, dan Hari Merdeka 17 Agustus 1945.

Tonton acaranya di channel youtube Pondok Lirboyo

3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.