HomePojok LirboyoNgaji Ihya Ulumuddin Bersama Syekh Yasir Syria & Habib Sholeh Al-Jufri Solo

Ngaji Ihya Ulumuddin Bersama Syekh Yasir Syria & Habib Sholeh Al-Jufri Solo

Pojok Lirboyo 0 3 likes 1K views share

LirboyoNet, Kediri—Disela-sela kesibukan menjelang liburan akhir tahun, selasa (16/4), Lanjah Bahtsul Masa’il Pondok Pesantren Lirboyo menggelar kegiatan Dauroh Ilmiah kitab ihya ulumuddin bab amar ma’ruf nahi munkar bersama para mahasantri Ma’had Aly Lirboyo, di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula LBM ini khusus dihadiri oleh 100 mahasantri terpilih.

Pada kesempatan ini, panitia mengundang Direktur Zawiyah Ghozaliyah Syria Syekh Muhammad Yasir Al-Qudmani hadir sebagai narasumber dan didampingi dengan Al-Habib Sholeh bin Muhammad Al-Jufri Solo sebagai penerjemah sekaligus moderator. Dalam acara itu juga turut dihadiri dewan rois LBM P2L, Agus H Muhammad Sa’id Ridlwan, Agus M. Aminulloh, Agus Arif Ridhwan Akbar.

“sebagai dasar dalam kaitannya dengan bab ‘amar ma’ruf nahi munkar’, dulu sewaktu saya hendak belajar di Yaman, saya diberi pesan sama almarhum KH. Ahmad Idris Marzuqi “aku titip, nanti kalo kamu sudah pulang dari Yaman, tolong jangan ‘ngarabne’ Indonesia (mengarabkkan Indonesia, Red) ini kiblatnya biar walisongo”. Artinya kalau kita bicara amar ma’ruf nahi munkar secara prinsipil seluruhnya sudah ada dalam kitab-kitab kuning. Tetapi kalu kita mau mendakwahkan, harus menyesuaikan daerah masing-masing”. Tutur Agus H Muhammad Sa’id Ridlwan dalam sambutannya.

Dan beliau berpesan kepada para peserta “bahwa Indonesia ini sudah menjadi barometer dunia dalam kesuksesan dakwahnya, yaitu mampu mendamaikan berbagai unsur yang ada di masyarakat. Dan ini menjadi percontohan dunia”. Imbuh beliau.

“kitab Ihya Ulumuddin ini adalah kitab yang berhubungan dengan suluk, tetapi bukan hanya sekedar berbicara tentang haal dan bathil yang sangat tersembunyi antara hamba dengan Allah. Tetapi juga didalamnya membahas tentang ilmu-ilmu”. Tutur Syekh Yasir dalam pembukaan pengajiannya.

Diakhir kesempatan beliau berkunjung ke Lirboyo. Malamnya syekh Yasir bersama Habib Sholeh menyempatkan sowan dikediaman KH. M Anwar Manshur dan dilanjutkan dengan memberikan ceramah kepada para santri di serambi masjid setelah jama’ah isya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.