HomePojok LirboyoNgalap Berkah di Bulan Suci Ramadhan

Ngalap Berkah di Bulan Suci Ramadhan

3 0 likes 941 views share

LirboyoNet, Kediri – (01/08/12) Ngalap berkah di bulan Suci Ramadlan, kalimat itulah yang cocok untuk santri yang ikut “Ngaji Posonan” di Pondok Pesantren Lirboyo. Baik santri pondok pesantren Lirboyo sendiri maupun santri pendatang, kemaren berdatangan menuju pondok pesantren Lirboyo.
Sudah menjadi tradisi disetiap pondok pesantren ketika menjelang datangnya bulan Ramadlan banyak sekali orang-orang yang berduyun-duyun datang ke pondok pesantren untuk nyantri atau ngalap berkah sekaligus mengikuti pengajian.

Suasana pengajian bulan Ramadlan tahun ini agak berbeda dengan bulan Ramadlan tahun sebelumnya, karena pada bulan Ramadlan 1433 H. ini ada pengajian kitab yang agak besar yaitu kitab Hadits Shahih Bukhari karya Al-Imam Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah Al-Bukhari yang langsung di baca oleh Dzuriyah/Keluarga besar pondok pesantren Lirboyo secara bergantian. Disamping kitab-kitab kecil yang di baca oleh Pengajar dan Pengurus Pondok, Tercatat ada sekitar lebih dari 45 kitab yang dibaca, baik kitab yang kecil maupun yang besar. Dan InsyaAllah semua kitab yang dibaca tadi khatam/selesai sebelum acara Haul pendiri pondok pesantren Lirboyo yaitu pada tanggal 21 Ramadlan.

Kitab karangan Imam Bukhori ini dibaca mulai pukul 06.00 s/d 23.00 WIS bertempat di serambi Masjid Agung Lirboyo. Sementara pengasuh pondok pesantren Lirboyo KH. Ahmad Idris Marzuqi nanti yang akan membuka dan sekaligus menutup pengajian kitab Shahih Bukhari ini. Nang