4.298 views

Pondok Pesantren Putra Al-Baqoroh

A. KILAS SEJARAH

Awal didirikannya Pondok Pesantren Al-Baqoroh bisa dikatakan punya dua kaitan. Pertama, ketika hendak mendirikan rumah yang sekarang beliau tempati ini, KH. Hasan Zamzami Mahrus diijazahi oleh Ibu Nyai Umi kultsum dari Abah beliau, KH. Mahrus Ali, untuk sering-sering mewiridkan surat Al-Baqoroh ketika mendirikan rumah nanti dan melanggengkan mengamalkannya oleh sebab itu sebagai tafa’ulan dipilihkan kata “Al-baqoroh”. Kedua, selain dari alasan yang pertama tadi juga karena beliaupun mulai memelihara sapi perah pada tahun 1996 M. hingga dikembangkan sampai sekarang. Ketika itu hanya ada beberapa santri yang ikut mengabdi pada beliau, hingga kemudian semakin bertambah pula santri putra dan santri putri yang ikut mengabdi kepada beliau hingga berjumlah sekitar 60-an.

Sampai pada jumlah sebanyak itu, pada tahun 1998 Pondok Pesantren Al-Baqoroh belum resmi berdiri sebagai salah satu pondok unit Pesantren Lirboyo karena jumlah semua santri yang ikut beliau berstatus sebagi Santri Ndalem (Khodim). Hingga pada tahun 2004 M, perwakilan dari santri Pati dan Kudus yang berdomisili di Asrama Pondok Induk Lirboyo sowan untuk meminta izin mendirikan Asrama di belakang ndalem beliau karena di Pondok Induk belum ada Asrama resmi untuk santri Pati dan kudus, dan beliaupun memberikan izin.

Pada tahun itu juga asrama mulai dibangun dan jumlah santri pun lambat laun mulai bertambah hingga mencapai 189 santri yang terdiri dari santri putra dan putri. Sebagai permulaan, kepengurusan pun segera dibentuk dan mulai resmi menjadi salah satu Pondok Unit Lirboyo pada tahun 2011 M. /1432 H.

Perkembangan selanjutnya pada tahun 2017 Pondok Pesantren Al-Baqoroh Lirboyo secara resmi telah menjadi Lembaga berbadan hukum dengan SK Kemenkumham Nomor AHU-0009155.AHA.01.04. Tahun 2017 dengan nama lembaga “Yayasan PP Al-Baqoroh Lirboyo” yang menaungi Pondok Pesantren Putra dan Putri Al-Baqoroh.

Hingga pada tahun 2022, Pondok Pesantren Al-Baqoroh khususnya putra telah dihuni santri sebanyak 289 orang. Mereka menempat di sembilan kamar yang ada di lingkungan pesantren.

Sebagai jenis pondok pesantren salaf, Pondok Pesantren Putra Al-Baqoroh Lirboyo adalah sebuah lembaga yang berorientasi pada pendidikan keagamaan dan sosial kemasyarakatan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai salafiyah, sehingga diharapkan di masa mendatang para santri dapat melestarikan perjuangan para ulama dalam mengembangkan syiar Islam dalam berbagai kondisi dan situasi.

Pondok Pesantren Putra Al-Baqoroh hingga saat ini terus berusaha berbenah melengkapi dan memperbaiki fasilitas serta sarana pendidikannya dan terus bergerak maju untuk menyesuaikan dinamika yang sedang dibutuhkan dan dihadapi.

B. LETAK GEOGRAFIS

Letak georafis Pondok Pesantren Al-Baqoroh Lirboyo berada di Desa Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur. Secara spesifik, lokasinya berada di lingkungan PP Lirboyo bagian timur, sebelah barat PP Al-Mahrusiyyah, sebelah utara PP HM Antara. Santri yang menempati pondok ini sangat beragam. Mulai dari anak-anak sampai dewasa yang menekuni ilmu-ilmu dari berbagai fan meliputi al-Qur`ān, Hadits, Tauhid Fiqih, dan lain sebagainya dengan berbagai macam metode pembelajaran.

C. VISI & MISI

Visi

Beriman, bertakwa, berakhlakul karimah, dan berdisiplin.

Misi

Mencetak Muslim intelektual yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah, serta menciptakan kader-kader ulama yang mampu mentransformasikan ilmu agama dalam berbagai kondisi.

D. PENDIDIKAN

Pada dasarnya pendidikan di Pondok Pesantren Putra Al-Baqoroh Lirboyo mengikuti Pondok Pesantren Lirboyo. Di mana seluruh santri wajib untuk mengikuti kegiatan yang ada di MHM (Madrasah Hidayatul Mubtadiin) seperti sekolah dan musyawaroh. Di samping itu, Pondok Pesantren Putra Al-Baqoroh juga menyediakan beberapa kegiatan untuk menunjang pendidikan di antaranya adalah:

1. Wajib Belajar

Aktifitas ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh para santri tingkat I’dadiyah, Ibtida’iyah, I & II Tsanawiyah MHM guna menelaah kembali pelajaran yang sudah diajarkan. Kegiatan wajib ini dilaksanakan ba’da Isya s.d pukul 21.00 WIS.

2. Pengajian Al Qur’an

Adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh santri yang masih tingkat I’dadiyah, Ibtida’iyah, 1 dan II Tsanawiyah MHM. Jenjang pendidikannya dimulai dari tingkat Jet Tempur, Ibtida’iyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Kegiatan ini dimulai ba’da Maghrib s.d Isya’ dan dilanjutkan wajib belajar.

Selain itu, santri juga dianjurkan untuk mengikuti pengajian al-qur’an yang diampu oleh Agus Abdulloh Amar yang merupakan salah satu dari Putra Romo KH. Ahmad Hasan Syukri Zamzami Mahrus yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, Ahad dan Kamis jam 15.00 s.d selesai.

3. Musyawarah

Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam Senin pukul 21.30-24.00 WIS bagi sekolah pagi dengan materi kitab Jurumiyah dan Sulam at-Taufiq dan dilanjutkan musyawaroh untuk sekolah malam sampai dengan selesai dengan materi kitab Fath al-Qorib.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan santri dalam mengutarakan pendapat ataupun gagasan dan berargumen. Selain itu, diadakan juga Bahtsul Masa’il dengan mengundang pondok unit lain yang dilaksanakan setiap akhir tahun.

4. Sorogan Kitab Kuning

Merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi siwa sekolah pagi guna memperdalam penguasaan Nahwu Shorof sebagai bekal memahami kitab-kitab turats. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Ahad dan Selasa sore pada pukul 17.00 WIS – selesai.

5. Pengajian Kitab Kuning

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi para santri dalam menambah wawasan tentang keilmuannya dengan mengkaji kitab sesuai dengan tingkatannya.

E. EKSTRAKURIKULER

1. Jam’iyah

Kegiatan ini merupakan ekstrakurikuler untuk melatih mental dan kemampuan santri dalam menghadapi kehidupan sosial bermasyarakat. Diharapkan dengan mengikuti jam’iyyah santri mampu untuk memimpin tahlil, pidato (khithobah), khutbah jum’at, membaca Barjanzi/Dziba’iyah/Simtud Duror, ubudiyah, dan lian sebagainya. Kegiatan jam’iyyah ini dilaksanakan pada hari Kamis malam Ju’mat pukul 19.30-23.00 WIS.

2. Rebana

Merupakan wadah bagi para santri yang ingin menuangkan bakatnya dalam seni sholawat. Kegiatan ini ditangani oleh Seksi Jam’iyah. Grup rebana ini terdapat dua kategori yaitu Al-Banjari dan Al-Habsyi.

3. Istighotsah

Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam Jum’at awal bulan yang dimulai ba’da isya’ sampai selesai yang wajib diikuti oleh semua santri yang dipimpin langsung oleh Pengasuh. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membiasakan kepada santri dalam berdzikir mendekatkan diri pada Allah sebagai benteng spiritual ketika mereka kembali ke masyarakat.

4. Ro’an

Merupakan kegiatan guna untuk melatih santri hidup bergotong royong dan berkhidmah, seperti; ro’an ngecor, ro’an kebersihan. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai kebutuhan dan instruksi dari pengurus.

F. FASILITAS

Bangunan pondok yang diresmikan sejak tahun 2011 berawal dari 2 kamar saja, terus melakukan pembenahan, yang kemudian dilanjutkan pembangunan untuk hunian santri menjadi 24 ruangan. Perinciannya sebagai berikut:

  1. Kamar Santri                  : 12 Kamar
  2. Kantor                            : 4 Ruang
  3. Kamar Pengurus            : 4 Kamar
  4. Tempat Belajar (Aula)    : 4 Ruang

Selain itu juga terdapat MCK yang memadai, koperasi, toko, warung makan.

Informasi pendaftaran dan pembiayaan Pondok Pesantren Al-Baqoroh bisa didownload di link berikut.

Instagram
albaqorohlirboyo

baca juga: Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

0

36 thoughts on “Pondok Pesantren Putra Al-Baqoroh

      1. Kalo mau daftar online gimana cara nyaa ya ? Udh coba whatsapp tp smpe skrng belum ada balesan ???

      1. Assalamualaikum wr.wb. minta informasi tahun ajaran 2022-2023 buat pendaftaran mondok ditahfidzul putrinya,,,

        1. Assalamu’alaikum wr. wb.
          Kalau untuk masuk kelas 2 MTS apa bisa,,rencana mw nerusin hafalannya disana.. trimakasih
          Wassalamu’alaikum wr. wb.

  1. Assalamualaikum
    Apakah pendaftaran pondok al baqoroh putri masih buka sekarang? Dan untuk pendaftaran apakah langsung datang kepondok?

    1. Wa’alaikumsalam
      Pendaftaran pondok al-baqoroh sudah ditutup, bisa menunggu pendafataran di awal tahun pelajaran.

  2. kalau untuk lulusan SMA/SMK bisa tidak di ponpes al baqoroh lirboyo? jadi hanya untuk pesantren saja, tidak sekolah

  3. Kaau mendaftar di pp albaqoroh putri itu sudah pasti diterima ustadz? Apakah ada tesnya apakah diterima atau tidaknya? Atau hanya untuk penempatan saja saat belajarnya ustadz?

    1. Pendaftaran tahun ajaran baru dibuka mulai 13 syawal, untuk penutupannya kondisional selama kuota masih ada. Sistem pendaftarannya langsung di tempat saat calon santri akan masuk pondok. Tidak ada sistem online atau boking ????

  4. Assalamualaikum ustadz,berarti untuk pendafatatan santri putrinya mulai tahun depan bulan syawal dan langsung kesana untuk mendaftarnya?

  5. Assalamu alaikum
    Mau tanya tentang pendaftaran santri baru 2022 di pondok Al baqoroh putri lirboyo kediri.
    🙏

  6. Assalamualaikum,

    Kami ingin menanyakan, apakah bisa menempuh pendidikan tahfidz di PP Al Baqoroh Putri sekalian sambil sekolah Formal ( Aliyah ) .

    Karena Putri kami tahun 2022 ini insyallah akan LULUS SMP Negeri, ingin sekali melanjutkan menjadi penghafal Quran, tetepi juga masih bisa mendapatkan ilmu2 umum setingakat SMA atau Aliyah

Comments are closed.