HomePojok LirboyoKunjungan Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh

Kunjungan Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh

0 1 likes 398 views share

LirboyoNet, Kediri—Mengawali tahun 2019 minggu siang (6/1/2019) Pondok Pesantren Lirboyo kedatangan kunjungan silaturahmi sekaligus studi banding dari yayasan Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh. Kedatangan rombongan dari Aceh pun disambut dengan hangat oleh pimpinan pondok dan pimpinan madrasah dengan ditemani Agus H. Adibussoleh Anwar di Kantor Muktamar.

Dalam kunjungannya ke Jawa Timur, rombongan yang dibawa pun tidak banyak  hanya pimpinan Yayasan RAIB yang jumlahnya 5 orang yakni H. Khairul Azhar S.Ag (Sekretaris Yayasan RAIB), Prof. DR. H. Syarizal Abbas MA (Ketua Komite Madrasah RAIB), DR. H. Hasan Yakub M.Pd (Pengawas Yayasan RAIB), Tgk. Suryadi S.Ag (Direktur), dan Kusandi MA (Wakil Direktur Bidang Akademik).

Diawali dengan sambutan Agus H. Adibussoleh Anwar, dalam sambutannya beliau menyampaikan terkait penerapan kegiatan pondok pesantren Lirboyo, dari mulai sistem belajar, menejemen pondok pesantren, dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di pondok pesantren Lirboyo. Begitupun disiplin-disiplin yang diajarkan pondok pesantren antaranya kemandirian, pendidikan moral, dsb.

Sambutan selanjutnya atasnama pimpinan Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien dan lembaga Ma ’had Aly Lirboyo Bapak Imam Rosihin. Dalam kesempatannya beliau sedikit banyak menyampaikan hal-hal yang menjadi fokus di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien yakni pendidikan pesantren salaf (kitab kuning). Terlepas dari pada itu, salah satu metode yang ditekankan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien ialah hafalan, dan musyawaroh (diskusi). Pertemuan yang berlangsung siang itu tidak lama, semoga apa yang menjadi tujuan bisa bermanfaat.