HomePojok LirboyoFestival Rebana Santri Ke-9

Festival Rebana Santri Ke-9

Pojok Lirboyo 0 4 likes 738 views share

LirboyoNet, Kediri—Dalam rangka menyabut Haul & Haflah Akhirusanah Pondok Pesantren Lirboyo 109 banyak kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan Haul & Haflah, diantaranya Festival Rebana Santri ke-9. Acara yang dilaksanakan (4/4) di Aula Muktamar ini menampilkan dua seni terbang, yakni Banjari dan Habsyi. Dari dua seni terbang yang dilombakan, kurang lebih diikuti oleh 20 peserta dari masing-masing Himpunan Pelajar Daerah & Unit pondok pesantren Lirboyo.

“Festival rebana santri ini sudah menjadi aktifitas rutin dari kegiatan haul haflah pondok dan madrasah. Selanjutnya disamping kegiatan festival rebana ini, dalam acara haul haflah banyak kegiatan pendukung, seperti yang kita ikuti kemarin kegiatan lomba ilmiah, dan kegiatan pra acara yakni tadarus khotmil qur’an bil ghoib putra pada 23 April 2019 dan juga diikuti 109 khitmil qur’an secara serentak oleh seluruh santri pondok pesantren Lirboyo. Kemudian dilanjutkan dengan tahlil akbar yang insyaallah diimami oleh KH. M Anwar Manshur di Maqbaroh pondok pesantren Lirboyo. Dan malamnya ialah acara inti haul haflah selasa malam rabu dengan penceramah KH. A Musthofa Bisri”. Tutur Bapak Hasbiyallah Abdul Karim dalam sambutannya atas nama ketua Haul & Haflah.

Selanjutnya sambutan sekaligus pembukaan festival rebana santri oleh pimpinan pondok pesantren Lirboyo, Agus H. Adibussoleh Anwar. Pesan beliau kepada peserta ialah “kami sangat mengharapkan dengan diadakannya kegiatan semacam ini (sholawatan) bisa menjadi salah satu metode kita dalam berdakwah dilingkungan masyarakat, dan yang lebih penting lagi ialah kita betul-betul mengharapkan syafa’at dari Nabi Muhammad SAW”.

Festival yang sudah dimulai sejak pukul 09.00 Wis ini diawali dengan sesi Banjari dan siangnya dilanjutkan dengan Habsyi. Dari masih-masih peserta menampilkan kualitas terbaiknya dari mulai kekompakan, lantunan suara, dan kreasi nada. Sehingga membuat para juri kebingungan dalam menyeleksi dari masing-masing peserta. Dan baru menjelang maghrib panitia baru bisa menyeleksi siapa saja yang lolos dalam final festival rebana santri ini.

Acara final festival rebana santri dilanjutkan ba’da isya, dan dari sekian peserta yang lolos dengan menampilkan performa terbaiknya segenap panitia dan dewan juri memutuskan, untuk kotegori Banjari juara 1 diraih oleh grup rebana Salsabila (Surabaya), juara 2 grup rebana Ihya’ussunah (Madura), juara 3 grup rebana Arridwal (Unit HMC), dan untuk kategori jingle terbaik kategori banjari diraih oleh grup rebana Arridwal (Unit HMC). Untuk kategori Habsyi juara 1 diraih oleh grup rebana La Roiba (Banyuwangi), juara 2 grup rebana An Tadula (Luar Jawa), juara 3 grup rebana Al Mujtaba (Unit HY), dan jingle Habsyi terbak diraih oleh grup rebana Ahbabunnabi (Tegal).

Demikian para pemenang festival rebana santri ke-9 pondok pesantren Lirboyo. Dan semoga dengan diadakannya festival rebana santri seperti ini dapat memacu kreatifitas teman-teman untuk bisa lebih baik lagi dalam kesempatan selanjutanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.