HomePojok LirboyoStudi Banding BUMP Lirboyo

Studi Banding BUMP Lirboyo

Pojok Lirboyo 0 4 likes 475 views share

LirboyoNet, Kediri – Kamis (01/08) Pondok Pesantren Lirboyo melaksanakan studi banding ke Pondok Pesantren Darul Falah Sidoarjo. Dalam agenda tersebut, anggota Tim Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Lirboyo mengirimkan 18 orang untuk mengulas dan mempelajari tentang usaha bakery di Sidoarjo, dengan mengikuti rutinitas pabrik roti Pondok Pesantren Darul Falah tersebut.

Mulai dari proses awal pembuatan, apa saja varian roti yang dibuat, hingga manajemen pabrik yang terstruktur.

Kang Mustofa, selaku Pimpinan Cabang Pabrik yang tidak jauh dari Pondok mengatakan, “Sudah ada 15 varian roti manis yang kami buat, dan itu sesuai pesanan saja.” Ujar beliau di sela-sela perbincangan, “Sehari bisa sampai 2000 roti di setiap pabriknya.”

Pondok Pesantren Darul Falah sampai saat ini sudah memiliki 4 cabang toko dan 2 pabrik usaha bakery.

Sedikit cerita menarik, Kiai Iskandar Umar Abdul Lathif dulu ketika nyantri di Sayyid Muhammad Makkah, Beliau selalu dipanggil saat pengajian akan dimulai. Beliau diperintah untuk membeli roti dan di bagikan ke Masjidil Haram. Selesai membagikan dan kembali ke majelis, pengajian sudah selesai. Begitu pulang ke Indonesia, Beliau merintis usaha bakery ini bersamaan dengan perkembangan pondok pesantren, semuanya berkah dari perintah guru.

Ada yg unik dari Pondok Pesantren ini. Dimana setiap 5 tahun sekali diadakan Nikah Masal yang diadakan Pondok Pesantren Darul Falah. Kedua mempelai belum saling mengenal, dan untuk yang mendaftar konsekuensi yang didapatkan adalah harus menerima jodoh pilihan yang ditentukan oleh Kiai.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.