HomePojok LirboyoKelas Khusus Pesantren Ramadan

Kelas Khusus Pesantren Ramadan

0 4 likes 301 views share

LirboyoNet, Kediri-Selain mengadakan pengajian kitab, di bulan Ramadan ini Pondok Pesantren Lirboyo mengadakan satu kegiatan khusus, yakni Kelas Khusus, sebuah program yang diperuntukkan bagi para santri yang menghendaki pembelajaran kitab sejak dasar.

Bisa diprediksi, rerata para pesertanya adalah mereka yang berusia dini, di bawah usia 12 tahun. Meski begitu, ada dari mereka yang berusia lebih dari itu. Mereka berasal dari daerah yang bermacam-macam. Dari sekitar Kediri saja, hingga Luar Jawa. Tujuan mereka mengikuti kegiatan ini bermacam-macam. Ada dari mereka yang memang ingin mengenal kajian pesantren secara mendasar. Ada yang mendapat tugas dari sekolah untuk mengikuti kegiatan ini. ada yang memang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk pesantren di awal tahun pelajaran nanti.

Beberapa pelajaran diajarkan. Mulai baca-tulis alquran, menulis pegon, memaknai kitab, hingga membaca kitab gundul.

“Sebagian dari mereka sebenarnya sudah pernah mondok di tempat mereka masing-masing. Cuma, mereka masuk kelas khusus ini untuk memulai kembali perkenalannya dengan dunia pesantren. Karena, di pesantren mereka dulu, tidak mengenal baca tulis pegon, baca kitab gundul secara jawa,” tutur Maksum Sidiq, salah satu pengajar kelas khusus Ramadan.

Dimulai sejak awal Ramadan, kegiatan ini direncanakan akan berakhir pada tanggal 15 Ramadan esok.