Amalan Hari Kamis dan Malam Jum’at Pertama Bulan Rajab

Amalan Hari Kamis dan Malam Jum’at Pertama Bulan Rajab menurut Syekh Abdul Qodir al-Jailani.

Kemuliaan dan keutamaan bulan rajab tiada hentinya. Semua keutamaan itu sangat sayang jika terlewatkan. Maka dari itu mari kita Simak salah satu amalan yang dapat mengampuni segala dosa dan mengabulkan segala permintaan sebagaimana penjelasan Syekh Abdul Qodir al-Jailani.

Syekh Abdul al-Qodir al-Jailani dalam al-Gunyah meriwayatkan satu hadis tentang keutamaan puasa di bulan Rajab.

رجب شهر الله، وشعبان شهري، ورمضان شهر أمتي

“Rajab bulannya Allah, Sya’ban bulanku (Rasulullah) dan Ramadhan adalah bulan umatku”

Kemudian dikatakan:

يا رسول الله ما معنى قولك شهر الله؟

“Wahai Rasulullah, apa arti ucapan bulannya Allah?”

Rasulullah menjawab:

لأنه مخصوص بالمغفرة، وفيه تحقن الدماء، وفيه تاب الله تعالى على أنبيائه، وفيه أنقد أولياءه من يد أعدائه، ومن صامه استوجب على الله ثلاثة أشياء: مغفرة لجميع ما سلف من ذنوبه، وعصمة فيما بقي من عمره، وأما الثالث فيأمن العطش يوم العرض الأكبر

“Sebab bulan rajab terkhusus untuk ampunan, di dalamnya darah terjaga (ada larangan untuk berperang), allah mengamppuni para nabi, allah menyelamatkan para kekasihnya dari para musuh, barang siapa puasa di bulan rajab ia telah menetapkan kepada Allah tiga perkara; ampunan dari semua dosa yang telah ia lakukan, terjaga dari dosa selama sisa umurnya, kelak di hari kiamat ia tidak kehausan.”

Kemudian seorang tua yang sudah lemah berdiri dan berkata:

يا رسول الله إني أعجز عن صيامه كله

“Wahai Rasulullah sungguh aku takmampu puasa satu bulan penuh”

Rasulullah menjawab:

صم أول يوم منه وأوسط يوم فيه، وآخر يوم منه، فإنك تعكي ثواب من صامه كله، فإن الحسنة بعشر أمثالها،

“Puasalah pada hari pertama bulan Rajab, Tengah bulan dan akhir bulan. Maka kamu mendapat pahala orang puasa sebulan penuh. Sebab satu kebaikan setara sepuluh kebaikan.” 

Nabi melanjutkan;

ولكن لا تغفلوا عن أول ليلى جمعة في رجب، فإنها ليلة تسميها الملائكة ليلة الرغائب، وذلك أنه إذا مضى ثلث الليل لا يبقى ملك في جميع السموات والأرضين إلا ويجتمعون في الكعبة وحواليها، فيطلع الله تعالى عليهم اطلاعة فيقول: ملائكتي سلوني ما شئتم، فيقولون: ربنا حاجتنا إليك أن تغفر لصوام رجب، فيقول الله تعالى: قد فعلت ذلك.

“Akan tetapi jangan sampai kalian lupakan malam jumat pertama bulan rajab. Malam itu oleh malaikat menamainya Lailah ar-Rago’ib. pada malam itu ketika sudah lewat sepertiga malam tidak ada satupun malaikat di seluruh langit dan bumi kecuali mereka semua berkumpul di kalbah dan sekitarnya. Kemudian allah menampakkan dalam sekali tampakan kemudian mengatakan; malaikatku, mintalah kepadaku apa yang kalian inginkan. Malaikat menjawab; tuhanku keinginan kami kepada engkau adalah engkau berkenan mengampuni mereka yang puasa di bulan rajab. Allah menjawab; telah aku ampuni mereka semua.”

Kemudian nabi menjelaskan bahwa orang yang mau melakukan puasa hari kamis pertama bulan Rajab dan melakukan salat pada malam jumatnya di antara waktu maghrib dan isya’ maka seluruh hajat yang ia minta akan terkabul.

3 thoughts on “Amalan Hari Kamis dan Malam Jum’at Pertama Bulan Rajab

  1. “… Melaksanakan solar pada Malam jum’at nya diantara waktu maghrib Dan isya…”
    Solat apa kira² yg dikerjakan ?

    Trimakasih 🙏

  2. Terima kasih banget atas infonya yang super bermanfaat! Gak pernah kecewa sama beritanya yang selalu update dan relevan di situs ini. Nah, buat kalian yang suka mendekin link, saran gue nih, cobain deh V.af! Udah gue pake, rasanya efisiensinya juara banget. Plus, desainnya keren abis! Langsung aja cek di V.af ya. Terima kasih lagi buat konten keren di situs ini, semangat terus! 🚀🌟

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.