HomePojok LirboyoGurah Santri Lirboyo

Gurah Santri Lirboyo

0 2 likes 78 views share

Lirboyonet, Kediri – Malam Jum’at keamrin (02/02/18) di Pondok Pesantren Lirboyo diadakan gurah yang bertempat di gedung An- Nahdloh, kegiatan tersebut diprakarsai oleh Tim Pramuka yang merupakan badan otonom dari Pondok Lirboyo dan gurah tersebut juga mendatangkan ahlinya yakni bapak Suntoro dari Surabaya. Peserta gurah adalah para santri Lirboyo dan yang mengikuti sekitar 500 santri.

gurah sendiri diperkenalkan oleh Syaikh Marzuki Romli dar Giriloyo Imogiri Bantul Jogjakarta pada akhir tahun 1940-an. Saat itu praktek ini digunakan untuk membantu qori dan qoriah penghafal Al- Quran di Pesantren Syaikh Marzuqi (pondok Pesantren) untuk memberi mereka suara yang jernih dalam membaca AL- Quran.

Akan tetapi manfaat gurah tidak hanya itu saja masih ada lagi diantaranya :

Mengobati berbagai macam penyakit seperti ;TBC, asma, sesak nafas, mengguk (batuk terus menerus), sakit paru-paru. Sakit kepala, mudah pusing, stress, migren.Flu, pilek, alergi debu, sinusitis, hidung meler berkepanjangan.Darah tinggi, gangguan lambung, saluran pernafasan, saluran pernafasan dll.

Membuat suara jadi keras, nyaring dan panjang (sangat baik untuk penceramah, reporter, pengkhotbah, pembawa acara, guru dll).

Menjadikan suara merdu, bersih, halus dan empuk (sangat baik untuk penyanyi, qori-qoriah).

Menambah volume paru-paru dan memanjangkan nafas (sangat baik untuk pengolah nafas tenaga dalam, meditasi, beladiri, atlet, olahragawan, pesemnam).

Otak tambah cerdas, pintar dan lebih pandai (sangat baik untuk siswa, mahasiswa dan santri).

Semoga bermanfaat.