Hari Raya Kurban di Pondok Pesantren Lirboyo

Hewan Kurban Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok Pesantren Lirboyo ikut meramaikan Hari Raya Kurban pada tanggal 17 Juni 2024 dengan menyembelih total 300 ekor kambing dan 12 ekor sapi. Jumlah ini berasal dari 419 orang yang berkurban di pondok pesantren Lirboyo.

Donatur dalam kegiatan kurban di Pondok Pesantren Lirboyo kali ini berasal dari berbagai kalangan, termasuk santri, wali santri, lembaga pemerintahan, dan kepolisian.

Dalam hal ini Pondok Pesantren Lirboyo menyerahkan tugas penyembelihan kepada Agus H. Badrul

Pelaksanaan Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban

Dalam pelaksanaan Hari Raya Kurban tahun ini, Pondok Pesantren Lirboyo menugaskan tugas penyembelihan kepada beberapa individu yang terlatih, antara lain Agus H. Badrul Huda Zainal Abidin Syarif (Gus Bidin), Agus HM. Adibussholeh Anwar, Kang Doni, dan 13 santri pilihan yang telah mendapatkan pelatihan khusus dalam teknik menyembelih di bawah bimbingan Gus Bidin.

Penunjukan ini menunjukkan pentingnya keahlian dan kehati-hatian dalam proses penyembelihan hewan kurban, yang merupakan bagian integral dari pelaksanaan ibadah kurban. Dengan adanya pelatihan khusus ini, diharapkan memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang pelaksanaan kurban yang baik dan benar.

Dengan keterampilan ini, mereka tidak hanya dapat menjalankan ibadah kurban dengan baik saat ini saja, tetapi juga kelak menjadi lebih mandiri dalam mempraktikkan penyembelihan esok di masyarakat.

Persiapan oleh Panitia Kurban Pondok Pesantren Lirboyo

1. Pengasahan Pisau

Pondok Pesantren Lirboyo telah mengambil langkah proaktif dengan menyediakan layanan pengasahan pisau secara gratis. Dalam rangka mendukung persiapan menjelang Hari Raya Kurban di Pondok Pesantren Lirboyo. Layanan ini telah dibuka sejak seminggu yang lalu dan dipercayakan sepenuhnya kepada Asosiasi Indonesia Blades Kediri. Sebanyak 1000 pisau atau golok telah diasah oleh asosiasi ini, menunjukkan kesiapan mereka dalam mendukung kegiatan kurban dengan menyediakan peralatan yang optimal untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Keputusan untuk mengandalkan pengasahan pisau kepada spesialis seperti Indonesia Blades Kediri menjamin bahwa peralatan yang digunakan dalam proses kurban berada dalam kondisi terbaik. Hal ini juga memudahkan para santri dan tim penyembelihan untuk bekerja dengan efisien dan aman.

2. Seminar Kurban

Pihak Panitia Kurban Pondok Pesantren Lirboyo juga telah mempersiapkan pelatihan terhadap para santri dengan menyelenggarakan seminar dan pelatihan khusus. Melalui seminar ini, banyak hal diajarkan kepada para santri. Mulai dari tahap kedatangan hewan kurban hingga proses pengolahan daging setelah penyembelihan.

Adanya seminar ini sangat penting karena tidak hanya meningkatkan pemahaman santri tentang tata cara pelaksanaan kurban secara syariat. Tetapi, juga membekali mereka dengan pengetahuan praktis yang dibutuhkan dalam menjalankan proses kurban dengan baik dan benar. Dari menempatkan hewan kurban agar tidak stress, teknik penyembelihan yang sesuai dengan aturan agama, hingga pemrosesan daging. Semua aspek penting dari kurban telah ditekankan dalam pelatihan ini.

Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya mempersiapkan santri untuk melaksanakan ibadah kurban dengan penuh pengertian dan kehati-hatian. Tetapi, juga mendorong mereka untuk menjadi lebih mandiri dalam merespons kebutuhan masyarakat sekitar selama perayaan Hari Raya Kurban.[]

Baca Juga: Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban; dalam Seminar Kurban

Jangan lupa kunjungi akun media sosial Pondok Lirboyo. FacebookInstagramYoutube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.