HomePojok LirboyoLirboyo Sukseskan Multaqo Ulama Internasional

Lirboyo Sukseskan Multaqo Ulama Internasional

1 1 likes 1.1K views share

LirboyoNet, Kediri – Multaqo Ulama Internasional adalah wadah pertemuan para Habaib, Ulama’ dan para tokoh agama Islam yang menjadi panutan dan rujukan ummat di daerahnya masing-masing. Wadah ini bertujuan untuk saling tukar fikiran mengenai aktifitas dakwah disetiap wilayah yang nantinya akan dihaturkan kepada Beliau Al-Habib Umar bin Hafizh. Serta media untuk mengukuhkan ikatan persaudaraan antar anggota Majelis Muwasholah.

Multaqo Ulama’ ke-VI Majelis Muwasholah Internasional Baina Ulama’il Muslimin ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di seluruh Nusantara dan Manca Negara di antaranya: Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, Bali, bahkan sampai dari Negeri Jiran Malaysia, Thailand, Singapura, Amerika, Australia, dan Timur Tengah. Tak kurang dari 500 peserta anggota tetap Multaqo dan hadirin non peserta turut mengikuti acara selama empat hari.

Tampak hadir beberapa habaib terkemuka diantaranya; Habib Sholeh Al-Jufri Solo, Habib Jindan Bin Naufal Jakarta, Habib Hasan Ismail Al-Muhdlor, Habib Jamal bin Thoha Ba’agil Batu Malang, Habib Alwi bin Shahab, Habib Musthofa Ba’abud Kediri, Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf Pasuruan, Habib Ubaidillah Al-Habsy Surabaya, Masyayikh Lirboyo dan masih banyak lagi.

 

Acara yang berlangsung selama empat hari, 27-30 April 2012 ini, dimulai dengan pembukaan Multaqo pada Jum’at malam Sabtu tanggal 27 April 2012 Pukul 20.00 WIS oleh pengasuh Ribat Darul Musthofa Tarim Hadromaut Yaman Al-Habib Umar Bin Hafizh di Aula Al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur. Even akbar yang biasanya dilaksanakan berturut-turut di Bogor, baru pertama kali ini dilaksanakan di Pondok pesantren Lirboyo. Dan Alhamdulillah agenda acara Multaqo berjalan dengan lancar. Mulai dari pembukaan Multaqo, Sholat berjamaah dan pembacaan kitab “Qubsun Nurul Mubin” karangan beliau Al-Habib Umar bin Hafizh sekaligus Musyafahah, Jalsah Ammah dan Khossoh, Tabligh Akbar Nasional, Ziaroh ke makam pendiri Pondok Pesantren Lirboyo dan diakhiri dengan shilaturrohim ke Para Masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo.

Untuk menambah semarak acara Multaqo, Panitia mengadakan Tabligh Akbar pengajian umum yang berisi ceramah Ilmiah Al-Habib Umar bin Hafizh dan gema Sholawat kolaborasi antara Santri Lirboyo dan grup rebana Batu Malang pimpinan Habib Jamal Ba’agil, yang bertempat di lapangan barat Aula Al-Muktamar hari Ahad malam senin 29 April. Tak ketinggalan sambutan dari Wagub Jawa Timur Gus Ipul turut meramaikan acara tersebut.

Lapangan dan Aula Al-Muktamar dibanjiri Jama’ah baik putra maupun putri, lebih dari dua puluh ribu manusia turut menyaksikan, sekedar untuk membasahi hati yang kering dengan siraman rohani dari para Habaib dan Kyai.

Aula Al-Muktamar menjadi saksi berkumpulnya para Habaib, Ulama’, Para Kyai dan tokoh Masyarakat dalam acara pembukaan Multaqo, Jalsah dan Penutupan Multaqo. Sementara gedung sekolah An-nahdloh menjadi tempat registrasi dan penginapan para peserta multaqo sedangkan kediaman para Masyayikh Lirboyo menjadi tempat penginapan para Habaib.

Alasan mengapa Pondok pesantren dijadikan tempat perhelatan akbar Multaqo berskala internasional Karena lingkungan pesantren sangat cocok dengan latar belakang para Ulama’ tutur Habib Sholeh Al-jufri Solo selaku ketua Majelis Muwasholah Baina Ulama-il Muslimin

Disetiap ceramahnya beliau Al-habib selalu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Shohibul Bait Pondok Pesantren Lirboyo atas segala fasilitas yang disuguhkan kepada rombongan baik dari Yaman maupun semua peserta Multaqo. Beliau juga menyampaikan do’a mudah-mudahan Shohibul bait senantiasa diberikan oleh Allah Panjang Umur, kekuatan, kesabaran dan kesehatan dalam mendidik para santri.Nang