Halaqoh Fikih Peradaban di Pondok Pesantren Lirboyo

  • Nur Muhammad Alfatih
  • Jan 21, 2023

Lirboyo.net (21/01/2022) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengadakan acara Halaqoh Fikih Peradaban di Aula al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, dalam rangka menyambut puncak peringatan satu abad Nahdlatul Ulama.

Halaqoh Fikih Peradaban diadakan diberbagai banyak tempat, salah satunya adalah di Pondok Pesantren Lirboyo. Sebelum dilaksanakan di Pondok Lirboyo, halaqoh Fikih peradaban telah terlaksana di 240 titik di seluruh Indonesia. Dengan target yang akan dicapai adalah 260 halaqoh dengan maudu’ (tema) yang sama yaitu Fikih Peradaban.

Acara tersebut diketuai oleh Ulil Abshar Abdalah sebagai Ketua Lakpesdam PBNU yang diberikan Amanah untuk melaksanakan halaqoh tersebut, yang dimulai dari bulan September dengan puncak perhelatan akbar ‘Muktamar Internasional Fikih Peradaban’ yang pertama. Di adakan di Surabaya, pada pada 06 Februari 2022 Masehi, atau bertepatan dengan 15 Rajab 1444 Hijriah, dengan mengundang ulama di seluruh dunia.

Perhelatan Halaqoh Fikih Peradaban ini dirasa sangat penting memandang terdapat satu masalah besar yang telah bertahun-tahun berkembang, akan tetapi belum sempat menemukan jalan keluarnya. Yaitu masalah ketegangan antara realitas kehidupan dalam konteks sosial politik baik secara domestik (dalam negeri) atau internasional. Diharapkan dengan mengadakan acara tersebut, dapat menemukan titik terang dari maudu’ yang akan dibahas.

KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus menyebutkan bahwa dengan diadakannya halaqoh fikih peradaban, arah yang akan dicapai di kemudian adalah untuk memperkuat rasa nasionalisme. Karena bagi setiap warga negara, berkewajiban untuk menjaga negara, baik dari rongrongan luar negeri atau dari dalam negeri.

Beliau juga memiliki harapan jika fikih peradaban ini dapat berjalan dengan baik, maka akan dapat memunculkan rasa nasionalisme yang kuat, sehingga negara, khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak bisa dikoyak-koyak.

Pada acara tersebut dihadiri oleh KH. Yahya Cholil Tsaquf (Ketua Umum PBNU), KH. Abdullah Kafabihi Mahrus (Rais PBNU), KH. Athoillah Sholahuddin Anwar (Katib PBNU), Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi, Lc, MA (Katib PBNU), KH. M. Anwar Manshur (Rais Syuriah PWNU Jawa Timur), Ulil Abshar Abdalah (Ketua Lakpesdam PBNU), Charles holland Thailand (USA).

Sedang untuk pembicaranya di antaranya adalah Dr. Thomas Dinham (USA), Dr. (HC) KH. Afifuddin Muhajir (Wakil Rais Aam PBNU), dan Syaikh Abdul Jawad Yasin (Mesir), yang di pandi oleh Dr. Iffah Umniyati Ismail. []

tonton juga: Halaqoh Fikih Peradaban
baca juga: Refleksi menuju Satu Abad NU; Dua Kunci Membangun Peradaban

1

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.