Musabaqoh Kitab Kuning

LirboyoNet, Kediri – Siang ini, sekitar 100 santri putra dan putri yang berusia antara 17-25 tahun sedang mengikuti seleksi Musabaqoh Kitab Kuning Zona Jawa Timur II, di Aula Al Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh organisasi pemuda sayap Partai Kebangkitan Bangsa, Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa, atau disingkat GARDA BANGSA. Acara serupa juga berlangsung di 31 pondok pesantren yang tersebar di 20 provinsi seluruh Indonesia.

Tujuan kegiatan ini antara lain untuk melestarikan tradisi intelektual pesantren, mengembangkan khazanah pengetahuan pesantren, memotivasi para santri untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning, dan untuk syiar kepada publik akan pentingnya khazanah pengetahuan pesantren sebagai salah satu solusi menghadapi problematika kemasyarakatan.

Untuk menguji kemampuan peserta dalam menguraikan kitab ”Ihya Ulumuddin” karya Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi’i, di Zona Jawa Timur II ini, panitia menghadirkan nama-nama ternama dalam kancah Bahtul Masail sebagai dewan juri: Komisi A (Putra, bertempat di Aula Al-Muktamar), K.H. Yasin Asmuni (PP Petuk, Kediri), Ust. Ali Musthofa (Kediri), K.H. Abu Musa Al-Asy’ari, (PP. Darussalam,  Sumbersari, Kediri). Komisi B (Putra, bertempat di Ballroom Belakang Aula Al-Muktamar), K.H. Hafidz (PP Ringin Agung, Kediri), K.H. Abd. Hamid Abdul Qodir (PP Maunah Sari, Kediri), K.H. Romadhon Khotib (Malang). Dan Komisi C (Putri, bertempat di Gedung Serba Guna belakang Aula Al-Muktamar), Ust. Musta’in Syafi’i (PP. Tebuireng, Jombang), Ust. Munir Akromin (Kediri), Ust. Anang Darunnaja (PP. As-Sya’idiyah, Kediri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.