HomePojok LirboyoApel Hari Santri di Lirboyo

Apel Hari Santri di Lirboyo

0 3 likes 147 views share

LirboyoNet, Kediri— Senin 22/10/18 rentetan perayaan Hari Santri yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Lirboyo ditutup dengan apel hari santri yang dilaksanakan di lapangan barat Aula al-Muktamar. Acara yang digagas oleh PC NU Kota Kediri ini diikuti oleh gabungan antara santri Induk Lirboyo, Unit ar-Risalah, P3TQ, Banser, Ansor dan sederet jajaran kepengurusan PC NU Kota Kediri. Tidak ikut ketinggalan para pendekar Pagar Nusa  mulai dari usia remaja hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan.

Mulai pagi ratusan santri berderet antusias ingin mengikuti, sebelum acara dimulai para hadirin dihibur dengan penampilan Grup Drum Band PonPes ar-Risalah hingga beberapa menit. acara dibuka oleh KH Abu Bakar Abdul Jalil sebagai Ketua PC NU Kota Kediri dengan anggota Banser sebagai pimpinan upacara. Dimulai dengan melantunkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya sebagai pembuka.

Acara berlanjut dengan pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945 kemudian pembacaan Ikrar Santri Nusantara. Amanat Pembina Apel yang dibawakan langsung oleh Ketua PC NU Kota Kediri. Pesan beliau agar para santri melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa yang juga tak lepas dari keterikatan Ulama pendahulu dan hendaknya jangan mudah tersulut ujaran pemecah belah kesatuan dan keutuhan NKRI.

Kemudian kumandang Lagu Ya Lal Wathon semakin menambah semangat hadirin seiring mentari yang semakin meninggi. Acara ditutup dengan pembacaan doa, namun sebelum hadirin beranjak meninggalkan tempat hiburan-hiburan menarik ditampilkan oleh para pendekar dari Pagar Nusa, mulai unjuk kebolehan pencak silat usia anak-anak, dewasa hingga Ibu-Ibu Rumah Tangga turut juga memeriahkan dengan pertunjukan akrobatik memecah  batu bata dengan kepala maupun kaki.

Sebagai penutup, Panitia mengadakan simulasi pemadaman kebakaran dengan menunjuk beberapa santri sebagai peraga, lalu mereka diberi souvenir cantik mulai dari payung, kaos dan gelas.[]