HomePojok LirboyoWarna Baru di Pengajian Al-Quran Serambi

Warna Baru di Pengajian Al-Quran Serambi

0 0 likes 193 views share

LirboyoNet, Kediri—Pada tahun ini, jumlah santri Pondok Pesantren Lirboyo mencapai 21.000 santri. Jumlah ini bertambah secara signifikan dari tahun kemarin, yang “hanya” 18.000-an. Bertambahnya jumlah santri secara massif ini, membuat pondok pesantren Lirboyo terus berupaya keras agar para santri tetap mendapat pendidikan yang seharusnya.

Pendidikan di ponpes ini tidaklah muluk-muluk. Secara garis besar, hanya ada dua materi pendidikan yang diajarkan: Al-Quran dan Kitab Kuning. Demi menjaga keberlangsungan pendidikan ini, ponpes ini membuat beberapa inisiatif baru. Salah satunya adalah dengan membentuk semacam tim khusus untuk menangani pengajian Al-Quran bagi para santri.

Selama ini, pengajian Al-Quran yang dilaksanakan di serambi masjid ditangani oleh seksi Penerangan. Lambat laun, dikarenakan jumlah santri baru terus membludak, seksi Penerangan mulai kewalahan untuk menangani program pengajian ini. Karena disamping permasalahan jumlah santri itu, mereka juga sebenarnya telah memiliki pos tugas yang tidak bisa dikesampingkan.

Maka di tahun ini, dibentuklah Pengurus Pengajian Al-Quran Serambi Masjid untuk menjalankan amanah itu. Kepengurusan baru ini disahkan dalam Ketetapan Badan Pembina Kesejahteraan (BPK) Pondok Pesantren Lirboyo, pertengahan Agustus lalu.

Semoga dengan dibentuknya kepengurusan baru ini, selain dapat menambah efektivitas pembelajaran bagi para santri, juga dapat memberikan pendidikan dengan baik dan benar, seperti yang diharapkan para masyayikh.][