HomePojok LirboyoIstighatsah Akbar 1 Muharram 1435 H.

Istighatsah Akbar 1 Muharram 1435 H.

0 0 likes 1.1K views share

LirboyoNet, Kediri – Hari Senin (4/11/2013) cuaca siang cukup gelap, langit diselimuti awan mendung yang cukup besar, rintikan hujan sempat turun tapi tak lama. Selang kemudian pancaran sinar matahri kembali turun sehingga sedikit menyengat kulit, tapi tidak menyurutkan semangat para santri untuk istighosah dan doa bersama di Masjid Agung Kota Kediri.

Para santri berduyun-duyun jalan kaki menuju Masjid  Agung dengan memakai baju putih dan sajadah. mengingat kapasitas masjid yang tidak memadai maka jamaah meluber  sampai kejalan raya dan sekitarnya. menjelang detik terakhir pergantian tahun, jamaah terus berdatangan yang didominasi santri sehingga menambah luberan jamaah.

Tampak hadir KH. A. Idris Marzuqi, KH. M. Anwar Manshur, KH. Abdul Qodir Abdul Hamid, KH. Anwar Iskandar  dan KH. A. Mahin Toha. Pukul 16.30 WIB istighotsah pun dimulai yang dipimpin oleh KH. Ilham Nadzir. Setelah itu, sambutan oleh KH. Anwar Iskandar. Beliau menjelaskan bahwa pada zaman sahabat Abu Bakar Shidiq atas usul Sahabat Umar Bin Khottob ditentukanlah awal tahun Hijriyah pada bulan Muharam karena banyak sekali peristiwa yang terjadi pada bulan ini. Harapan beliau membuka lembaran baru hendaknya diisi dengan amaliyah yang baik dan lebih ditingkatkan lagi kualitas iman dan takwa. Pembacaan doa akhir tahun dipimpin langsung oleh KH.M. Anwar Manshur yang diikuti ribuan jamaah termasuk santri  Pondok Pesantren Lirboyo. Setelah itu, dilanjutkan sholat maghrib berjamaah dan pembacaan doa  awal tahun. (ais)