HomePojok LirboyoTurba HIMASAL di Kalimantan Timur

Turba HIMASAL di Kalimantan Timur

0 2 likes 1.1K views share

LirboyoNet, Kalimantan Timur – Untuk kali kedua, sepekan yang lalu tepatnya Jumat-Ahad (6-8 Mei 2016), Pengurus Pusat HIMASAL (Himpunan Alumni Santri Lirboyo) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur. Turba kali ini diwakili oleh KH. An’im Falachuddin Mahrus dan KH. Nurul Huda Ahmad, selaku Ketua Satu dan Dua HIMASAL. Turut serta pula, Agus M. Ahsin Ahmad, Slumbung, Kediri.

Beragam acara digelar pada kunjungan tersebut. Jumat sore, rombongan meninjau sebidang tanah yang akan dihibahkan kepada Pondok Pesantren Lirboyo. Malam harinya, Pengurus Pusat HIMASAL mengisi pengajian umum yang dibingkai dalam peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta peringatan Harlah Ke-5 Desa Bangun Mulya, Waru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Meskipun konsep acara tersebut sederhana, tidak mengurangi antusias masyarakat untuk hadir mendengarkan tausiyah dari masyayikh Lirboyo.

Kunjungan-Kiai-Lirboyo-Ke-KaltimSabtu pagi harinya, mengunjungi tanah yang diwakafkan kepada Pondok Pesantren Lirboyo dan saat ini sudah digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar agama. Selepas survei tanah wakaf yang berlokasi di kilo meter 25,5 Balikpapan tersebut, rombongan menghadiri acara Serasehan Alumni dan Santri Lirboyo di Palaran, yang berlangsung hingga sore hari dan diakhiri dengan mushofahah.

Banyak hal dibahas dalam forum serasehan antar masyayikh Lirboyo, alumni dan wali santri tersebut. Diantaranya adalah bagaimana jika HIMASAL daerah membuat terobosan ekonomi demi keberlangsungan organisasi. Karena ke depan diharapkan, kebutuhan operasional organisasi mampu dicukupi dari divisi ekonomi organisasi, bukan dari iuran anggota atau lainnya.

“Hal lain yang penting dan harus selalu kita jaga adalah kekompakan. Para alumni harus tetap bersatu padu, tetap teguh menjaga Islam ala ahlussunnah wal jamaah. Jika kita kompak, tetap menjaga haluan sebagaimana yang dipesankan para masyayikh kita, insyaallah lambat laun kegiatan yang ada pada tanah wakaf di sana (tanah wakaf di Balikpapan yang Sabtu pagi rombongan kunjungi-Red.) itu akan berkembang,” pesan Yai An’im dalam sambutannya. (IM)