HomePojok LirboyoUjian Semester Ganjil 2015-2016

Ujian Semester Ganjil 2015-2016

0 1 likes 932 views share

LirboyoNet, Kediri – Santri diwajibkan memakai baju putih lengan panjang, hanya pada hari Senin dan Kamis. Itu sudah menjadi tradisi lama. Namun hari ini, Selasa (15/12) ribuan santri serempak memakai seragam kebesaran itu sejak pagi. Dari gedung An-Nahdloh, Al-Ittihad, hingga Al-Ihsan, warna putih memenuhi ruangan kelas. Mereka, para santri berbaju putih itu, masuk ke dalam ruang kelas tanpa membawa kitab.

Rupanya mereka sedang menjalani ujian tengah tahun Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien. “Kami sedang menunggu Bapak penguji dan pengawas,” ujar Romadlon, santri kelas IV Ibtida’iyyah yang sedang duduk di depan kelas. Baginya, ini adalah ujian yang pertama kali diikuti, selain ujian masuk di awal tahun dahulu. Karena itu, wajar saja dia masih deg-degan. “Iya. Ini saya dan teman-teman masih ndredeg.”

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian Semester Ganjil yang diselenggarakan oleh Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama, dilaksanakan pada tanggal 3-7 Rabiul awal/15-19 Desember. Setelah diselingi libur tengah tahun selama sepuluh hari (20-29 Desember), ujian gelombang kedua dilaksanakan pada 19-22 Rabiul Awal/30 Desember-2 Januari 2016.

Selain berbaju putih, para santri diharuskan untuk tidak berambut gondrong, dan potongan rambut yang tidak sesuai dengan nilai pesantren.

Ujian ini, di samping untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman santri akan pelajaran yang diberikan selama setengah tahun, juga untuk mengajarkan kejujuran lebih dini kepada santri. Jujur untuk menjawab dengan kemampuan sendiri, dan jujur untuk tidak membocorkan jawaban kepada temannya. Karena ketika mereka menyontek maupun memberi jawaban kepada temannya, oleh panitia ujian mereka akan dinyatakan gugur dan dikeluarkan dari ruangan.

Begitulah. Sejak berdirinya tahun 1925, perjalanan MHM telah mengalami pasang surut ditinjau dari berbagai aspek, termasuk kualitas dan kuantitas siswanya. Dan sebagaimana lembaga pendidikan di luar pesantren, MHM juga rutin melakukan evaluasi terhadap kemampuan para siswanya dengan beragam jenis evaluasi: Ujian Semester Ganjil adalah salah satunya. ][