HomePojok LirboyoPermohonan Guru Bantu Resmi Dibuka

Permohonan Guru Bantu Resmi Dibuka

0 10 likes 3.8K views share

LirboyoNet, Kediri—Setelah diresmikan pada tahun lalu, program Guru Bantu Pondok Pesantren Lirboyo mendapat apresiasi cukup hangat di kalangan para pemohon. Pada bulan Syawal lalu, yakni pemberangkatan perdana program ini, ada sekitar 130 santri yang disebar di penjuru negeri. Dari sekitar Kediri sendiri, hingga provinsi paling utara Indonesia, Aceh. Mereka dirasa memenuhi kebutuhan para pemohon, baik menjadi guru di pesantren, instansi pendidikan formal, maupun lembaga pendidikan lain.

Seperti diketahui sebelumnya, program ini bermula dari kebutuhan lembaga pendidikan di banyak daerah akan tenaga ajar. Dengan adanya santri yang diterjunkan ke berbagai daerah itu, diharapkan kebutuhan tenaga ajar dapat teratasi.

Karena dinilai mendapat sambutan yang baik, program ini dibuka kembali tahun ini. Bagi para pengampu yayasan pendidikan ataupun lembaga lain yang menginginkan guru bantu, Ponpes Lirboyo telah membuka pintu untuk mendaftarkan yayasannya sebagai penerima guru bantu.

Sesuai dengan amanah masyayikh, program ini sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi para yayasan penerima guru bantu. Hal yang juga menjadi harapan masyayikh adalah program ini bisa melatih santri untuk berkhidmah di tengah masyarakat. Selain itu, mereka juga dituntut untuk bisa memaksimalkan potensi diri mereka, sehingga ketika benar-benar pulang ke tempat tinggalnya kelak, mereka akan dapat bergumul di lingkungan masyarakat dengan baik.

Tentu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah yayasan sebelum permohonannya bisa diterima. Diantaranya, mengajukan surat permohonan resmi, yakni berlogo, berstempel, dan bertanda tangan pengasuh lembaga.  Selain itu, juga wajib melengkapi profil lembaga, seperti daftar pelajaran yang akan diajarkan guru bantu, jumlah santri, dan beberapa hal-lain.

Bagi para pemohon, keterangan teknis, formulir pendaftaran dan lainnya bisa didownload di sini.