HomePojok LirboyoKelas Khusus Pesantren Putri

Kelas Khusus Pesantren Putri

0 8 likes 590 views share

LirboyoNet, Kediri-berbagai upaya dilakukan pesantren untuk mengajarkan ilmu agama kepada lapisan masyarakat di bulan Ramadan ini. contohnya apa yang diprogramkan oleh Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Quran (P3TQ). Selain dengan pengajian kitab, para santri juga diajarkan beberapa pelajaran khusus. Program ini disebut Kelas Khusus. Karena khusus, santri yang menjadi peserta juga khusus.

Ada sekitar 45 santri putri yang menjadi peserta kelas khusus itu. Hampir seluruhnya adalah para santri pasanan, atau mereka yang mesantren di P3TQ hanya saat bulan Ramadan. Rerata, mereka masih awam dengan ilmu-ilmu pesantren, seperti membaca kitab kuning, menulis huruf pegon, memaknani kitab, dan semacamnya. Di kelas khusus inilah, mereka dapat mempelajari ilmu-ilmu itu.

Kelas ini terbagi menjadi tiga bagian, A, B, dan C. Kelas A diperuntukkan bagi para santri yang berusia 12 tahun ke bawah. Sedangkan kelas B, diperuntukkan bagi para santri yang berusia 12 tahun ke atas, namun kemampuan baca-tulis kitab dinilai masih minim. Sementara peserta kelas C, adalah mereka yang sudah mampu membaca kitab kuning, dan menguasai dasar-dasar ilmu alat. “Mereka sudah bisa menulis pegon dan membaca kitab sedikit-sedikit. Karenanya, di sini mereka mendapat pelajaran khusus yang disetarakan dengan kelas Lima Ibtidaiyah,” tukas salah satu pengurus Ramadan.][