2.689 views

Suasana Sholat ‘Idul Adha

Selain di Masjid Agung Lawang Songo dan masjid-masjid Pondok unit, Sholat ‘Idul Adha juga digelar di Masjid Al-Hasan. Tidak hanya memenuhi lantai satu dan lantai dua, para santri juga berjajar rapi membentuk shof yang membentang mulai dari pintu samping masjid hingga Aula Al-Muktamar. Pintu masjid bagian timur ditempati oleh jama’ah putri berjajar hingga ke Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Quran.

Ribuan santri berbaur dengan masyarakat sekitar yang juga ikut menunaikan sholat ‘Id di Masjid Al-Hasan. Sholat ‘Id tersebut diimami dan dikhutbaih oleh Agus HM. Abdul Mu’id Shohib. Ketika beliau usai berkhutbah dan keluar dari Masjid, banyak santri maupun warga yang bersalaman dengan beliau.

Tak lama seusai sholat ‘Id, para santri yang bertugas menyembelih hewan qurban menuju lapangan. Lebih dari 200 kambing dan 7 sapi ditempatkan di lapangan barat Aula Al-Muktamar. Hewan-hewan tersebut merupakan qurban dari para santri dan beberapa lembaga / instansi.

Para pimpinan pondok maupun madrasah turut memantau prosesi penyembelihan hewan qurban. Beberapa prosesi penyembelihan didoakan dan dibimbing langsung oleh Agus HM. Adibussholeh Anwar selaku Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo dan juga Agus H. Zainal Abidin.

Baca juga: Sisa Darah dalam Daging

Subscribe juga: Youtube Pondok Lirboyo

Suasana Sholat ‘Idul Adha Lirboyo | Suasana Sholat ‘Idul Adha Lirboyo

16

2 thoughts on “Suasana Sholat ‘Idul Adha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.