HomePojok LirboyoMahasiswa IAI Tribakti Lirboyo Perdalam Wawasan tentang ASEAN

Mahasiswa IAI Tribakti Lirboyo Perdalam Wawasan tentang ASEAN

0 0 likes 180 views share

LirboyoNet, Jakarta— Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN menerima kunjungan studi dari 120 mahasiswa Program Pascasarjana Institut Agama Islam (IAI) Tribakti Lirboyo Kediri, di Jakarta, Senin (12/3). IAI Tribakti Lirboyo melakukan kunjungan ini untuk memperdalam pengetahuan mengenai perkembangan kerja sama ASEAN saat ini.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, Sekretariat Ditjen Kerja Sama ASEAN memberikan materi paparan bertema “Perkembangan Kerja Sama ASEAN”.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Ashariyadi, menyambut baik pelaksanaan kunjungan tersebut karena sejalan dengan program peningkatan awareness tentang ASEAN. Ashariyadi juga menyampaikan bahwa di Kediri sudah terbentuk Pusat Studi ASEAN (PSA), yaitu di Universitas Kadiri. Ia berharap IAI Tribakti Lirboyo Kediri juga dapat melakukan kajian-kajian mengenai ASEAN dan menyelenggarakan kegiatan ilmiah serta aktivitas yang melibatkan publik, sesuai dengan visi pembentukan PSA di seluruh Indonesia.

Dalam paparannya, Ashariyadi menjelaskan isu-isu yang menjadi perhatian di ASEAN, termasuk capaian dan tantangan yang dihadapi oleh negara-negara anggota ASEAN, Mutual Recognition Arrangement (MRA), penguatan Setnas ASEAN – Indonesia,  peran PSA, dan perusahaan-perusahaan Indonesia yang sudah memasuki pasar ASEAN.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo Kediri, Dr. Suko Susilo, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN. Ia juga mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan kunjungan guna pengembangan kapasitas diri dan mendapatkan pengetahuan yang seluas-luasnya mengenai ASEAN.

Pada sesi tanya jawab, para mahasiswa/i menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang pada umumnya terkait penyelesaian konflik dalam masyarakat ASEAN, kerja sama pendidikan, gagasan memasukkan budaya muslim ke dalam masyarakat ASEAN, pertumbuhan ekonomi dan isu Laut China Selatan.

Setelah melakukan kegiatan di Ruang Nusantara, para mahasiswa melanjutkan kunjungan ke Gedung Pancasila guna mendapatkan informasi mengenai sejarah kelahiran Pancasila. Acara di Gedung Pancasila dipandu oleh staf dari Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik.

 

Sumber: www.kemlu.go.id