Haul Haflah Akhirussanah dan Tasyakuran Khotmil Kutub Pondok Al Ihsan Lirboyo

Haul Haflah Akhirussanah dan Tasyakuran Khoitmil Kutub Pondok Al Ihsan Lirboyo

Lirboyo.net- Haul Haflah Akhirussanah & Tasyakuran Khotmil Kutub Pondok Pesantren Al-Ihsan Lirboyo yang dilaksanakan Rabu malam Kamis, (07/02/2024) kemarin, berlangsung semarak.

Meski hujan sempat mengguyur Lirboyo. Namun, acara yang dimulai pukul 19.00 WIB itu tidak kehilangan hadirinnya. Para hadirin dan tamu undangan pun tumpah ruah di Gedung Loby Aula Al-Muktamar, tempat di mana acara dilaksanakan. Acara ini disiarkan secara langsung di chanel youtube pondok pesantren al-Ihsan lirboyo.

Acara berjalan dengan lancar. Dibuka dengan lantunan shalawat serta disusul dengan lantunan bait-bait alfiyah yang di senandungkan oleh santri-santri pondok pesantren al-ihsan Lirboyo. Para hadirin mendengarkannya dengan khidmat.

Diawali dengan lantunan ayat suci al-Quran yang disenandungkan oleh santri putri pondok al-Ihsan. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan tahlil yang dipimpin langsung oleh KH. Abdul Mu’id Shohib. Selepas membaca tahlil dengan seksama, disusul dengan sambutan-sambutan.

Sambutan-sambutan

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia acara haul haflah pondok pesantren al-ihsan lirboyo. Dengan santun sambutan disampaikan oleh ketua panitia membuat para hadirin dan tamu undangan mendengarkannya dengan khidmat.

Sambutan kedua langsung dari pimpinan pondok pesantren al-ihsan lirboyo. Diantara yang disampaikan adalah beberapa poin yang harus diperhatikan oleh para santri pondok al-ihsan menjelang liburan akhir tahun.

Sambutan selanjutnya adalah perwakilan dari asatidz pondok pesantren al-ihsan. Dalam hal ini disampaikan oleh bapak Miftah dari Magelang. Diantara yang beliau himbaukan kepada para santri adalah “hendaknya santri-santri al-ihsan aktif dan istiqamah dalam menjalankan kegiatan pondok al-ihsan, dan semoga al-qurannya cepat khatam.” Hal dini beliau sampaikan karena salah satu agenda utama dalam pondok al-ihsan mengaji al-quran.

Sambutan keempat atas nama pengasuh pondok pesantren al-ihsan lirboyo. Dalam hal ini langsung disampikan oleh Agus Rifqil Muslim Suyuthi dari Kendal. Beliau adalah menantu dari Almaghfurlah KH. Abdul Kholiq Ridlwan (Alm) & Ibunyai Hj. Eeng Sukaenah.

Beliau banyak menyampaikan hal-hal yang dapat memotivasi santri-santri pondok pesantren al-ihsan. Diantaranya adalah “Selamat dan Sukses untuk santri-santri yang sudah mengkhatamkan 12 kitab, semoga 12 kitab ini tidak cuma dikhatamkan saja. Selain dikhatamkan dan dikaji, tapi juga diamalkan. Karena ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.”

Beliau juga menghimbau dengan tegas “agar qurannya tidak lupa untuk dideres, tidak lupa untuk dibaca, tidak lupa untuk dihafal, semoga para penjaga wahyu Ilahi ini diberkati oleh Allah Swt.”

Setelah sambutan-sambutan selesai, acara istirahat menempati sesi berikutnya. Istirahat kali ini diisi langsung oleh Ibunyai Hj. Nur Hannah Zamzami dengan diiringi grup sholawat Shofwatul Hubby. Dengan lantunan shalawat suasana khidmat telah menyertai para hadirin dan tamu undangan.

Nama 12 kitab yang Khatam

Dalam acara Haul Haflah ini, juga bersamaan dengan tasyakuran khatam 12 kitab dalam waktu satu tahun. Adapun kitab-kitab tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Majmu’ musytamil ala tsalatsil rosail karya Syekh abi Sa’id Al Khodimi.
  2. Mabadi fiqih juz 1 dan 2 karya Syekh Umar Abdul Jabar.
  3. Akhlaq Lil Banat karya Syekh Umar Ahmad.
  4. Matan bahjatul wasail karya Syekh Ahmad Al Habsy.
  5. Qomi’ thugyan karya Syekh Muhammad Nawawi.
  6. Dardiri ala mi’roj karya Syekh Ahmad Dardiri.
  7. Kimyatus sa’adah karya Syekh Al imam Ghozali.
  8. Matan busyrol kariem karya Syekh said bin Muhammad.
  9. Majmu’ musytamil ala arbai rosail karya Syekh imam Ahmad Zaini Dahlan.
  10. Minhajul Arifin karya Syekh Al imam Ghozali.
  11. Ummahatil qowiyat karya Ustadz Musa musthofa.
  12. Qurrotul Uyun karya Imam Abi Muhammad.

Pitutur Al-Habib Syech bin Musthafa Ba’abud

Al-Habib Syech bin Musthafa dari pelem mojo kediri diundang untuk memberikan mauidzotul hasanah. Dalam ceramahnya, beliau mejelaskan secara terperinci selama satu jam lebih tentang kemuliaan malam Isra’ Mi’raj, hubungan antara murid dan guru, akhlakul karimah, dan keutamaan ahli al-Quran. Karena beberapa hal ini merupakan hal-hal penting yang harus menjadi pegangan para santri-santri al-Ihsan.

Beliau banyak mengutip cerita-cerita hikmah dari para ulama dan mengutip maqolah-maqolah para ulama yang beliau sampaikan dengan Bahasa yang santun, jelas, dan dapat dipahami, sehingga membuat para hadirin dan tamu undangan menyimak secara seksama apa yang beliau tuturkan hingga selesai.

Selanjutnya, beliau melantunkan doa penutup yang menjadi penanda berakhirnya seluruh rangkaian acara pada malam tersebut.

Silahkan simak tayangan acaranya di YouTube : @Pondok Pesantren Al Ihsan Lirboyo

Baca juga : Erick Tohir Bersilaturrahmi dan Mengisi Kuliah Umum di Pondok Lirboyo
Jangan Lupa Kunjungi Media Sosial Pondok Pesantren Lirboyo : InstagramFacebookYoutube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.