1.441 Santri Mengikuti Ujian Tes Masuk MHM dan Ma’had Aly

1.441 Santri Mengikuti Ujian Tes Masuk Madrasah Hidayatul Mubtadiin dan Ma’had Aly.

Pagi tadi (18/05/2024) jam 07.00 WIB. 305 para santri melaksanakan ujian masuk tingkat Tsanawiyah di Madrasah Hidayatul Mubtadiin.

Ujian akan berlangsung selama 7 hari di tiga lokasi, yakni Aula Muktamar, gedung Al Karim dan Aula Lajnah Bahtsul Masail (LBM).

Madrasah Hidayatul Mubtadiin dan Ma’had Aly Lirboyo menyelenggarakan ujian ini dengan tujuan menempatkan para santri di kelas yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Para santri yang telah datang, melakukan registrasi terlebih dahulu kepada panitia sebelum memasuki area ujian. Kemudian, mereka berbaris dengan rapi menghadap ke selatan, seraya menunggu para penguji memasuki ruangan.

Ujian dilaksanakan dengan dua tahapan. Tahapan pertama yakni ujian tulis. “Penguji akan membacakan soal dan mendiktakan sebuah kalimat kepada peserta untuk ditulis ulang menggunakan aksara pegon (imla’).”

Peserta diizinkan untuk mengangkat tangan sebelum menjawab jika mereka belum memahami soal ujian. Kemudian, penguji akan memberikan pengarahan kepada mereka. Dalam ujian kali ini Madrasah Hidayatul Mubtadiin telah menyiapkan 44 penguji.

Tahap kedua adalah ujian lisan. Di tahap ini akan menguji kelancaran dan ketepatan hafalan mereka. Tidak sedikit peserta yang terlihat gugup dan tegang ketika melakukan ujian ini. Karena mereka akan langsung menghadap para penguji.

Untuk melihat materi ujian masuk silahkan Klik di sini.

Persyaratan mengikuti ujian masuk kelas reguler.

Pendaftaran.

Ada dua tahapan untuk melakukan pendaftaran. Tahap pertama adalah registrasi diri secara online. Kemudian verifikasi data secara offline di pondok. Pendaftaran online dibuka pada hari   Rabu, 01 Syawal 1445 H./ 10 April 2024 M. sedangkan verifikasi offline pada hari Selasa, 21 Syawal 1445 H./30 April 2024 M. Pada hari Ahad, 03 Dzulqo’dah 1445 H./12 Mei 2024 M. tahap registrasi dan verifikasi data diri ditutup.

Bagi santri yang sudah terlanjur datang ke pondok dan belum melakukan registrasi online. Maka, dewan Himpunan Pelajar akan membantu tahap registrasinya.

Batas usia

Ada batasan minimal usia, bagi calon santri yang ingin mendaftarkan diri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin dan Ma’had Aly Lirboyo.

  • 1 Ibt.                : 6 Tahun
  • 2 Ibt.                : 7 Tahun
  • 3 Ibt.                : 8 Tahun
  • 4 Ibt.                : 9 Tahun
  • 5 Ibt.                : 10 Tahun
  • 6 Ibt.                : 11 Tahun
  • Tsanawiyah     : 12 Tahun
  • Aliyah             : 15 Tahun
  • Ma’had Aly     : 18 Tahun

Silahkan lihat informasi lebih lengkap di sini.

Bagi santri yang tidak mengikuti ujian reguler dan menginginkan mengikuti kegiatan belajar di Madrasah Hidayatul Mubtadiin bisa mengikuti kelas I’dadiyah atau kelas persiapan.

Mengenai sekolah persiapan bisa di lihat di sini.

Jangan lupa kunjungi akun media sosial Pondok Lirboyo. Facebook, Instagram, Youtube.

2 thoughts on “1.441 Santri Mengikuti Ujian Tes Masuk MHM dan Ma’had Aly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.