HomePojok LirboyoJelang Haflah Akhirussanah, Pondok Gelar Lomba Ilmiah

Jelang Haflah Akhirussanah, Pondok Gelar Lomba Ilmiah

0 0 likes 756 views share

LirboyoNet, Kediri – Hari pelaksanaan haflah akhirussanah semakin dekat, pelbagai kegiatan pendukung mulai digelar, seperti yang dilaksanakan pagi ini (01/06) diserambi masjid Lawang Songo Pondok Pesantren Lirboyo, digelar beberapa lomba Ilmiyah, diantaranya adalah Cerdas cermat, Hifzhul Imriti (Menghafal nazhom Imriti) dan Hifdzul Alfiyah (Mengahafal Nazhom Alfiyyah).

Acara yang diikuti oleh semua delegasi dari  semua perhimpunan santri se-pondok pesantren Lirboyo ini, terbagi atas tiga babak, babak pertama penyisihan, semi final dan final. Nuansa meriah sekaligus menegangkan terlihat diwajah-wajah santri  yang mengikuti lomba-lomba tersebut, sebab mereka membawa nama daerahnya masing-masing.

Ketua pelaksana Lomba Hiburan Ust. Khirun Niam menjelaskan “ Lomba-lomba ini merupakan rangkaian pelaksanaan haul dan Haflah Ahirussanah Pondok dan Madrasah Hidayatul Mubtadi’ien Lirboyo Kediri, selain Cerdas Cermat, Hifzhul Imriti dan Hifzhul Alfiyah, minggu kemarin sudah digelar lomba Adzan- Muroqqi dan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an,” ujarnya disela-sela kesibukannya mengatur lomba Hifdzul Amriti.

Lebih lanjut, ustad kelahiran Kota Plokamator Blitar ini menjelaskan, selain sebagai rangkaian kegiatan Haul dan Haflah, lomba ini sekaligus sebagai momen mencari bibit unggul dari kalangan santri Pondok Pesantren Lirboyo, sehingga akan bermunculan generasi berkwalitas dalam dunia Tilawatil Qur’an dan Adzan, “Istilahnya kami mencari generasi baru, sehingga dalam pelaksanaan lomba ini selain melaksanaakan agenda tahunan juga mencari generasi yang lebih berkwalitas.” Ujarnya

Dari pantauan crew Lirboyo.net, sorak sorai pendukung peserta lomba sesekali terdengar, memberikan dukungan moril kepada rekan sedaerahnya, hal ini tak pelak menjadikan acara semakin meriah, karena persaingan sehat begitu terasah menguji kemampuan Intelektual santri dalam keilmuan. Riff